100 Pulau di Indonesia Akan Dilelang di Situs Asing Minggu Depan

Pulau
Foto : Kepulauan Widi Dok Pemprov Maluku Utara

Chakpedia – Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kabar ada ratusan pulau timur Indonesia akan dilelang. Kurang lebih ada 100 pulau tropis di Kepulauan Widi, Maluku Utara yang bakal ditawarkan untuk dilelang New York mulai 8 – 14 Desember.

Hal ini muncul ke khawatiran terhadap kelestarian wilayah tersebut. Menurut daftar online, penawaran tersebut tidak disebutkan harga awal yang diharapkan, mereka yang tertarik dapat menyerahkan deposit USD 100.000 (Sekitar Rp 1,5 Miliar) untuk tawaran awal, menurut daftar tersebut dilansir dari South China Morning Post.

Dikabarkan pembeli akan dapat mengakses cagar alam melalui landasan terbang pribadi yang termasuk dalam pengembangan. Cagar Alam Widi berjarak sekitar dua setengah jam penerbangan dari Bali, penerbangan hampir empat jam dari Singapura, dan penerbangan empat jam tiga puluh menit dari Hongkong.

Penjelasan Oleh PT LII Mengenai Pulau Yang Akan dilelang

Foto Kepulauan Widi (Dok Pemprov Maluku Utara)2
Foto Kepulauan Widi (Dok Pemprov Maluku Utara)

PT Leadership Islan Indonesia (LII) menegaskan bahwa tidak ada penjualan di pulau Widi di Maluku Utara (Malut) kepada investor asing. Communication Director LII Okki Soebagio mengatakan, pemberitaan tersebut keliru dan menyesatkan.

LII mengatakan “Ingin memberikan klarifikasi terkait beberapa liputan media dengan variasi judul berita “100 pulau di Indonesia di lelang” LII dengan ini menanggapi bahwa isi pemberitaan tersebut adalah keliru dan menyesatkan” Jumat (2/12/2022).

Untuk mempercepat investasi asing untuk pengembangan Kepulauan Widi pasca pandemi. Langkah ini diambil bertujuan untuk menjalin kerja sama dengan Sotheby’s Auction Concierge yang betempat di AS dan Inggris.

Secara resmi dalam peraturan hukum di Indonesia penjualan pulau terhadap warga asing (non-Indonesia) dilarang. Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran di antara beberapa konservasionis dapat memutus komunitas lokal dan mengancam ekosistem.

Tersebar lebih dari 10 ribu hektare (25 ribu hektare) di timur laut Bali, Perwakilan Sotheby menggambarkan pulau-pulau tersebut sebagai ekosistem laut yang paling indah dan tersisa di Bumi dan kerajaan hewan dengan proporsi yang luar biasa, rumah bagi ratusan spesies laut yang langka dan terancam punah, diantaranya paus biru, hiu paus, dan spesies lain yang belum ditemukan.

Semoga ekosistem alam di Indonesia akan tetap terjaga kelestariannya, dan dikelola dengan baik tanpa harus mengorbankan spesies langka yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *