banner 728x250

Air Terjun Nokan Nayan, Air Terjun Tertinggi di Pulau Kalimantan

  • Bagikan
air terjun tertinggi kalimantan barat
banner 468x60

ChakpediaAir terjun Nokan Nayan,¬† Kalimantan Barat atau disingkat dengan Kalbar merupakan salah satu provinsi yang berada di Indonesia, yang tepatnya berada di pulau Kalimantan yang memiliki ibu kota atau pusat pemerintahannya di Kota Pontianak. Wilayah Kalimantan Barat memiliki julukan provinsi ” Seribu Sungai “, julukan ini sesuai dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar ataupun kecil.

Selain itu, Kalimantan Barat juga memiliki sangat banyak keindahan dan misteri, yang sangat menggoda bagi traveler yang sangat menyukai petualangan dialam yang masih alami.

Salah satu tempat wisata yang sangat indah yaitu air terjun, air terjun merupakan suatu kawasan di Indonesia yang memiliki keindahan yang sangat indah. Air terjun adalah air yang terjun dari ketinggian yang melintasi tebing tebing sehingga menjadi ketertarikan lebih untuk menikmatinya.

Air Terjun Nokan Nayan

Diantaranya di Kalimantan Barat terdapat air terjun tertinggi di Kalimantan yang bernama Air terjun Nohkan Lonanyan atau warga sekitar menyebutnya air terjun nokan nayan.

Nama tersebut diambil dari air sungai yang membentuk air terjun yang bernama Sungai Lonanyan. Air terjun Nokan Nayan memiliki ketinggian lebih dari 180 meter.Dalam bahasa Dayak Ot Danum dalam bahasa keseharian masyarakat Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, Kata “Nohkan” memiliki airti yaitu air terjun.

Air terjun nokan nayan

Lokasi Air Terjun Nokan Nayan

Untuk menuju ke air terjun nokan nayan memiliki rute yang dapat dibilang cukup sulit untuk kesananya. Dikarenakan harus menempuh perjalanan darat dan menyusuri banyak sungai. Serta diharuskan berjalalan kaki dikarenakan tidak memungkinkan dilalui oleh kendaraan.

Air terjun Nokan Nayan ini beradadi Desa Deme, tepatnya di Kecamatan Ambalau yang berada dikecamatan Sintang, Kalimantan Barat. Apabila dari Pontianak ke Kabupaten Sintang apabila menempuh darat jarak tempuh sekitar 8 jam, dan apabila melalui jalur udara kurang lebih 45 menit.

Apabila telah sampai di Kabupaten Sintang, anda dapat melanjutkan perjalanan ke Nanga Pinoh, perjalanan tak sampai disitu saja  anda harus melanjutkan perjalanan ke daerah Kemangai dan selanjutnya ke Dusun Ukai selanjutnya menempuh ke Desa Nangan Menantak.

Perjalanan ini memakan waktu cukup panjang, hal ini untuk melanjutkan ke Desa Deme kita diharuskan menggunakan perahu untuk bisa sampai ke desa ini.

Wisata Air Terjun Nokan Nayan

Untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini masih belum terdapat waktu buka dan tutup yang jelas berarti kapan pun tempat wisata ini bisa dikunjungi. Namun Anda dilarang untuk berkunjung ketempat ini saat hari sudah mulai gelap atau ketika pulang dari air terjun ini hari sudah gelap, dikarenakan faktor keselamatan mengingat air terjun ini berada di Hutan belantara yang belum memiliki penerangan seperti listris sehingga suasa disekitar pasti gelap.

Untuk memasuki tempat wisata ini tak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tempat ini hanya lah biaya transportasi selama perjalanan.

Selain itu apabila ingin menginap, di daerah sini tidak memiliki penginapan atau hotel melainkan anda bisa menginap di rumah warga yang berada disekitaran air terjun. Ingat !! ketika menginap dirumah warga kita harus mematuhi dan menghormati adat istiadat yang berlaku.

Untuk kamu yang menyukai tantangan, Kapan kamu ingin mendatangi Air Terjun Nokan Nayan di Kalimantan Bara ini ?

  • Bagikan