banner 728x250

Bandara Semelagi Singkawang Akan Melakukan Uji Coba Penerbangan

  • Bagikan
Singkawang
banner 468x60

Chakpedia – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menerima aset berupa lahan dari pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat Seluas 151.34 hektar yang akan digunakan sebagai Bandara Singkawang.

Wali Kota Singkawang Tjai Chui Mie mengatakan bahwa dalam pembangunan Bandara Singkawang di Kalimantan Barat ini dapat bantuan dana dari pemerintah pusat. Bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) guna untuk membangun landasan pacu.

Beliau mengatakan selain dana dari APBN ada juga dana hasil dari skema kerja sama antara pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Kerja sama ini melibatkan pihak swasta sebagai calon investor.

Bandara semelagi milik PT. Smart Cakrawala Aviation (SCA) Singkawang akan segera melakukan tahap uji coba penerbangan komersial untuk jurusan Singkawang-Pontianak (PP) dan Singkawang-Sintang(PP)

Penerbangan uji coba ini akan dilakukan pada tanggal 21 Maret 2021 hingga 5 April 2021. Dalam tahap uji coba penerbangan ini akan dibuka dengan sistem carter yang setiap penerbangannya berkapasitas 12 Penumpang.

Dalam hal ini bertujuan untuk mendidik dan melihat bagaimana animo masyarakat terhadap penerbangan di wilayah Singkawang, Kalimantan Barat dan juga sebagai pendukung pemerintah Singkawang dalam mendorong pembangunan Bandara Perintis, Yang kita ketahui belum ada penerbangan dari singkawang.

Diharapkan oleh Walikota Singkawang adalah dengan dibukanya uji coba penerbangan Bandara Semelagi Singkawang , agar dapat memperkenalkan budaya dan wisata yang ada di Singkawang dan sekaligus guna memperpendek jarak tempuh masyarakat yang ingin ke Singkawang, tuturnya.

Jarak Tempuh Singkawang-Pontianak-Sintang

Tarif yang akan dikenakan untuk rute Singkawang-Pontianak sebesar  Rp. 5 juta untuk 12 orang. dan begitu sebaliknya dari Pontianak-Singkawang. Sedangkan untuk rute penerbangan dari Singkawang-Sintang akan dikenakan Tarif sebesar Rp. 10 Juta untuk 12 Orang. dan begitu juga sebaliknya Sintang-Singkawang.

Fransiskus mengatakan bahwa jarak tempuh dari Singkawang-Pontianak hanya 25 menit, Sedangkan dari Singkawang-Sintang hanya 1 jam. Dalam hal ini bisa mempermudah dan mempercepat efesiensi waktu sehingga cepat sampai ditujuan.

Singkawang

Profil

PT. Smart Cakrawala Aviation adalah sebuah perusahaan jasa angkutan Udara Niaga tidak berjadwal. Perusahaan ini telah didirikan pada akhir 2016 yang bertempat di Jakarta.

Dikelola oleh tim yang memiliki keahlian dan pengalaman yang profesionalisme. maka dari itu kami terus bertekad untuk maju dan berkembang serta dapat memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

Diharapkan PT. Smart Cakrawala Aviation dengan branding (Smart Aviation) dapat memberikan kontribusi terhadap kontribusi industri Transportasi Udara, Pemerintah Daerah dan Masyarakat pada umumnya.

pada saat ini PT. Smart Cakrawa;a Aviation telah memiliki dan menguasai sembilan (9) pesawat jenis Cessna Caravan 208 dam 2 jenis pesawat Helicopter Jenis Airbus H 130 dan Robinson 66,  saat ini juga sedang melakukan pengadaan 5 unit pesawat Pilatus PC 6 serta berencana mengadakan twin engine Cessna Sky Courier 408, serta mempunyai private airstip di Singkawang Kalimantan Barat.

  • Bagikan