BEBERAPA PEMILIK BANK-BANK SWASTA DI INDONESIA

 

Chakpedia Dalam istilah bank merupakan sebuah kata yang tidak asing lagi bagi penduduk diseluru Dunia. Bank dapat digunakan dalam melakukan transaksi yang berhubungan dengan keuangan, seperti melakukan pembayaran dan tempat penyimpanan uang. Dalam meningkatkan perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dalam menyalurkan uang kepada masyarakat menggunakan sistem kredit dan sistem lainnya

 
Fungsi Bank
antara lain sebagai penghimpun dana masyarakat dan menyalurkan kembali kemasyarakat. sehingga bank mengutamakan Kepercayaan sebagai landasan utama dalam dunia perbankan.
 
Ada berbagai macam jenis bank di Indonesia dalam pengelompokan jenis bank dibagi dalam beberapa Jenis yaitu :
  • Bank milik Negara/Pemerintah
  • Bank milik Swasta Nasional
  • Bank milik Asing
  • Bank Campuran
Dan saat ini kita akan membahas tentang siapa aja pemiliik Bank Swasta yang ada di Indonesia :
 

Michael Bambang Hartono – BCA

 
    Siapa yang tidak kenal Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Mereka merupakan kakak adik bersaudara, mereka adalah pemegang saham di PT. Dimuria Investtama Andalan (Bank BCA). Dan kakak beradik ini juga merupakan pemilik perusahaan rokok terbesar keempat di Indonesia yaitu PT Djarum yang berlokasi di Kudus, Jawa Tengah. Adapun beberapa perusahaan yang kakak beradik bersaudara ini dirikan diantaranya  Elektronika (Polytron), Perkebunan (HPI Argo), Perdagangan Elektronik (Blibli.com) Agen Perjalanan Elektronik (Tiket.com), Media Komunikasi ( Mola TV), Makanan dan Minuman (Sovaria, dengan merek Yuzu) dan Kopi ( Sumber Kopi Prima, dengan merek Delizio Caffino). Saat ini beliau merupakan orang terkaya ke-1 di Indonesia majalah Forbes (12/20).
 

Chairul Tanjung – Bank Mega

    Kolongmera asal Indonesia yang berpendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi UI tahun 1981 yang bernama Chairul Tanjung. Nama Chairul Tanjung berada diposisi urutan 9 dari 50 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes (12/20). Beliau adalah pendiri Bank Tugu dan sekarang menjadi Bank Mega dan sekarang menjadi bank kelas atas. Tidak hanya berkecimpung didunia Finance kini berkecimpung didunia pertelevisian mendirikan Trans Corp yang membawahi Trans TV dan Trans 7. PT Carrefour kini 40% sahamnya dipegang oleh Trans Corp dan masih banyak lagi perusahaan yang saat ini dikelola oleh beliau.

 

Hary Tanoe – MNC Bank

    Hary Tanoesoedibjo merupakan seorang pengusaha dan tokoh politik asal Indonesia. Beliau adalah Pemilik PT. Bhaki Investama Tbk dan kini beralih nama menjadi PT MNC Investama Tbk. Pada Investama dibagi menjadai tiga sektor bagian.

  • PT Global Mediacom Tbk(BMTR)  Yang bergerak di bidak pertelevisian
  • PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) Merupakan bergerak di bidang jasa keuangan dan PT. Bank MNC masuk pada sub induk ini 
  • PT MNC Land Tbk (KPIG) Bergerak pada bidang Properti 
Hary Tanoe kian kokoh menduduki 33 di Indonesia menuru majalah Forbes (12/20)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *