BI Luncurkan 7 Pecahan Uang Baru, Berikut Ciri-Ciri Uang Baru 2022

Uang Baru

Chakpedia – Pada tanggal 18 Agustus 2022 Bank Indonesia (BI) Meluncurkan 7 Pecahan uang baru emisi 2022. Adapun pecahan uang rupiah yang dikeluarkan emisi 2022 terdiri dari pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000 dan Rp 1.000.

Ketujuh pecahan uang baru tersebut ini telah resmi sebagai pembayaran yang sah sejak tanggal 17 Agustus 2022. Pecahan uang baru rupiah emisi tahun 2022 memiliki ciri khas masing-masing, serta memiliki keamanan pada uang kertas rupiah sehingga dapat dikenali dengan cara dilihat, diraba, dan ditrawang (3D).

Lantas apa saja hal yang baru dari uang kertas terbitan Bank Indonesia emisi tahun 2022 ini, yuk simak penjelasannya berikut ini :

  • Uang Baru Rp 100.000

Uang Baru

Di gambar uang baru Rp 100.000 tetap menampilkan Tokoh Proklamator Kemerdekaan Indonesia Ir. Soekarno dan Drs Moh Hatta sebagai gambar utama, dan terdapat lambang Garuda Pancasila serta terdapat kepulauan Indonesia dan beberapa motif khas Indonesia.

Di lembar belakangnya terdapat gambar Tari Topeng Betawi yang disertai dengan keindahan alam Raja Ampat, dipadukan dengan keanggunan Bunga Anggrek Bulan dikenal sebagai Puspa Pesona.

Berbeda dengan uang pecahan Rp 100.000 sebelumnya uang emisi baru 2022 ini diperindah dengan motif khas Indonesia, dan bahan yang digunakan berasal dari serat kapas dengan ukuran 151×65 mm dengan warna merah.

  • Uang Baru Rp 50.000

Uang Baru

Pada uang Rp 50.000 menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional RI yang berasal dari Tasikmalaya Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama, serta terdapat lambang negara Garuda Pancasila, dan gambar kepulauan Indonesia dengan Bunga Jepun Bali.

Dilembar belakang terdapat Tari Legong asal Bali yang disandingkan dengan keindahan alam yang berada di Taman Nasional Komodo, dan dipadukan dengan keanggunan Bunga Jepun Bali.

Berbeda dengan pecahan uang Rp 50.000 sebelumnya bagian belakang diperindah dengan motif khas Indonesia. Secara umum uang kertas ini berwarna biru dan memiliki ukuran 146×65 mm dengan bahan yang digunakan dari serat kapas.

  • Uang Baru Rp 20.000

Uang Baru

Pada uang baru emisi 2022 ini terdapat gambar Toko Pahlawan Nasional RI dari Tondano, Sulawesi Dr. Gerungun Saul Samuel Jacob Ratulangi atau kita kenal dengan Sam Ratulangi sebagai gambar tokoh utama. Gambar mantan Gubernur Sulawesi ini diperindah dengan motif khas Indonesia, serta dengan Bunga Gambar Hitam, dengan Kepulauan Indonesia serta lambang Garuda Pancasila.

Dibagian lembar belakang menampilkan Tari Gong suku dayak asal Pulau Kalimantan Timur yang disandingkan dengan keindahan alam Derawan, dengan disertai keanggunan Bunga Anggrek Hitam. Pecahan uang Rp 20.000 ini memiliki motih khas Indonesia, dengan warna kertas hijau dengan ukuran 141×65 mm, untuk bahan yang digunakan berasal dari serat kapas.

  • Uang Baru Rp 10.000

Uang Baru

Pada penampilan uang baru emisi 2022 ini di lembar Rp 10.00 menampilkan Tokoh Pahlawan RI asal Pulau Biak Frans Kaisepo, yang dihiasi dengan lambang negara Garuda Pancasila, serta terdapat gambar kepulauan Indonesia dan Bunga Cempaka Hutan Kasar. Pada latar belakang Tokoh Pahlawan RI terdapat motif Asmat Papua dan Motif Perisai Citak Asmat.

Di Lembar belakang terdapat gambar Tari Pakarena yang berasal dari Sulawesi Selatan dan disandingkan dengan keindahan alam Taman Nasional Wakatobi. Untuk memperindah uang tersebut di sertai dengan Bunga Cempaka Hutan Kasar, diperindah dengan Motif Ne Limbongan Toraja dan Motif Pa Barana dengan ukuran 136 x 65 mm bahan yang digunakan juga dengan serat kapas.

  • Uang Baru Rp 5.000

Uang Baru

Pada bagian depan uang Rp 5.000 emisi 2022 terdapat Tokoh Pahlawan Nasional RI asal Kalimantan Selatan Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar utama serta terdapat lambang negara Garuda Pancasila. dan kepulauan Indonesiam juga terdapat Bunga Sedap Malam dan motif khas Indonesia.

Dibagian belakang menampilkan Tari Gambyong yang berasal dari Surakarta disandingkan dengan keindahan alam dari Gunung Bromo dengan diperindah beberapa motif Indonesia, dengan warna identik coklat ukuran 131 x 65 mm dengan bahan serat kapas.

  • Uang Baru Rp 2.000

Uang Baru

Pada bagian lembar depan Rp 2.000 terdapat tokoh Pahlawan Nasional RI asal Jakarta, Mohammad Hoesni Thamrin dengan lambang negara Garuda Pancasila dan gambar kepulauan Indonesia dan terdapat bunga Jeumpa disandingkan dengan motif Indonesia.

Dibagian belakang terdapat gambar Tari Piring khas Sumatera Barat yang disandingkan dengan keindahan alam Ngarai Sianol, dan diperindah dengan motif khas Indonesia, kertas ini berwarna abu-abu ukuran 126 x 65 mm serta bahannya terbuat dari serat kapas.

  • Uang Baru Rp 1.000

Pada bagian depan uang Rp 1.000 terdapat gambar Tokoh Pahlawan Nasional RI Asal Aceh Tjut Meutia yang dijadikan sebagai gambar utama dan disandingkan dengan Lambang Garuda Pancasila, Gambar Kepulauan Indonesia, dan Bunga Anggrek Larat dan serta motif khas Indonesia.

Di bagian belakangnya terdapat Tari Tifa yang dimana tarian tersebut berasal dari Maluku dan Papua yang disandingkan dengan keindahan alam Banda Neira. Warna dominan dari uang Rp 1.000 ini warna hijau dengan ukuran 121 x 65 mm dengan bahan dari serat kapas.

Uang kertas edisi emisi 2022 ini akan tersedia di ATM (Anjungan Tunan Mandiri) yang dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini Bank Indonesia (BI) telah memasok uang baru diberbagai wilayah dengan peredarannya kurang dari Rp 1 Triliun. Mengenai uang edisi lama masih tetap berlaku jadi tak perlu khawator mengenai uang baru ini. Bagaimana menurut Anda mengenai Bank Indonesia mengeluarkan Uang Baru emisi 2022 ini boleh tinggalkan komentar dibawa ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.