Blackberry, Sang Pionir Ponsel Dengan Keyboard QWERTY Pamit Dari Dunia Smarthphone

  • Bagikan
Blackberry

Chakpedia | Blackberry – Sang pionir ponsel yaitu Blackberry dengan keyboard QWERTY telah mengumumkan secara resmi bahwa sistem operasi Blackberry OS tidak bisa digunakan kembali secara optimal. Berita ini cukup menggemparkan seluruh dunia yang pernah menggunakan system Blackberry OS.

Walaupun pihak Blackberry sempat beberapa kali memperbarui systemnya untuk menjaga pelanggan setianya. Namun di awal tahun 2022 tepatnya 4 Januari resmi mengumumkan berhentinya sistem operasi termasuk sejumlah layanan yang berada pada sistem Blackberry.

Sempat berjaya pada masanya Blackberry pernah menjadi rajanya gadget dengan sistem operasi yang luarbiasa ditawarkannya. Dan termasuk pioner ponsel dengan keyboard QWERTY pada tahun 2000-an.

Terlebih lagi dengan software yang ditawarkannya yaitu Blackberry Messenger (BBM). Aplikasi Chatting yang sempat populer pada setiap kalangan dari remaja hingga dewasa.

Blackberry OS

Blackberry

Di Indonesia Blackberry pernah berjaya pada masa 10 tahun yang lalu, sebelum Android menguasi pasar dunia.  Disaat Android mulai menampakan taringnya Blackberry pun tak bisa bertahan menghadapi Android pada tahun 2016.

Hingga Lisensi Blackberry tersebutpun dibeli oleh TLC pada tahun yang sama, dengan pengembangan yang dimiliki oleh TLCpun Blackberry mengeluarkan ponsel berbasis Android diantaranya Blackberry KeyOne dan Key2.

Namun berjalan beberapa tahun kemudia TCL tak mampu mengembalikan pamor BlackBerry, dan memutuskan untuk berhenti memproduksi merk pada tahun 2020. Lisensi tersebut pindah perusahaan rintisan OnwardMobility.

Yang dimana perusahaan ini akan melakukan perilisan ponsel pada tahun 2021, Namun hingga akhir tahun perusahaan ini tak ada mengeluarkan produk baru dari BlackBerry sama sekali. Hingga pada akhirnya perjalanan Blackberry berhenti sampai disini.

“Mulai tanggal ini, perangkat yang menggunakan layanan dan perangkat lunak tersebut, apakah melalui penyedia layanan atau koneksi WiFi, tidak lagi benar-benar berfungsi,” Kata Blackberry pada laman resminya (4/01)

Blackberry Nostalgia

Salah satu hal yang menjadi ciri khas smarthphone Blackberry ini adalah keyboard fisik dengan mengusung papan ketik QWERTY yang dimana banyak pengguna dari Blackberry ini merasa nyaman seolah memudahkan kebutuhan dikala itu.

Dengan memiliki ciri khas tersebut pastinya banyak orang yang memiliki kenangan bersama Blackberry. Dengan berhenti layanan tersebut merasa banyak orang yang merasa sedih mendengar kabar tersebut.

Blackberry

Sudah banyak kenangan yang terukir saat menggunakan smarthphone Blackberry ini yang paling melekat di ingatan ketika menggunakan software aplikasi chating yaitu BlackBerry Messenger (BBM).

  • PING!

PING ! merupakan salah satu ikon yang paling unik di BBM, Fitur ini sangat banyak digunakan oleh setiap orang ketika melakukan lawan bisara. Bahkan dengan PING! kita juga bisa untuk memfollow up pesan kita kepada lawan bicara agar segera dibalas.

Bahkan hingga saat ini kata tersebut masih di gunakan di beberapa Platform messenger. Fungsinya sama namun terkadang ada yang menyingkat kata tersebut dengan P.

  • Status BBM

Sebelum adanya aplikasi pesan singkat seperti Whatsapp, Telegram dan lainnya. Pada masa itu pengguna BBM mengekspresikan dirinya melalui status BBM. Dengan adanya status bbm tersebut kita dapat membaca kata-kata, melihat gambar bahkan kita dapat mengetahui lagu apa yang teman sedang dengar.

  • R, D, dan Simbol Jam

Pastinya ketika pengguna BBM melihat kata R, D dan Simbol jam sudah mengerti artinya. Tanda-tanda tersebut tidak akan dapat ditemukan pada software messenger saat ini.

Pada BBM R memiliki arti Read atau artinya sudah dibaca, D memiliki arti Delivered yang artinya pesar tersebut sudah tersampaikan menunggu balasan, dan simbol jam menandakan pending atau pesan tersebut tertunda biasanya hal ini menandakan jaringan yang tidak stabil.

  • Blackberry Emoji

Pada Software BlackBerry Massanger juga terdapat emoji yang unik dan memiliki khas tersendiri yang tidak akan dapat ditemukan pada aplikasi Massenger lainnya. Kita dapat menggunakan emoji tersebut sesuai dengan perasaan kita saat ini.

  • Blackberry Massanger Broadcast

Selain fitur yang berada diatas, fitur brodcast ini juga paling dirindukan bagi para pengguna BBM. dengan adanya fitur broadcast ini biasa digunakan untuk mengirim pesan diantara pertemanan BBM.

Lebih sering pesan tersebut berisikan pesan siaran diantaranya

Sorry Bc yang memiliki arti Maaf Broadcast

TC! kata tersebut biasa digunakan untuk test kontak aktif atau tidak.

Sombong DC! dalam kata DC Berarti Delete Contact yang dimana kontak tersebut akan dihapus dari hp seseorang tersebut apabila tidak merespon pesan tersebut.

Invite Teman saya (+)689E58, Dengan adanya fitur broadcast ini biasanya akan digunakan untuk mempromosikan PIN BBM seseorang agar menambah pertemanan.

  • Tangkapan Layar

Hal yang paling unik dan memiliki cirikhas tersendiri pada Blackberry yaitu pada tangkapan layarnya, karena pada tangkapan layar ini kita harus mendownload sebuah aplikasi di BlackBerry World.

Pada Blackberry world ini dapat dikatakan Playstorenya di android atau App store pada Iphone. setelah kita membuka Blackberry World tersebut kita mencari aplikasi untuk tangkapan layar yang bernama screen munched .

Aplikasi ini dapat kita gunakan untuk melakukan tangkapan layar, ketika kita menggunakan tangkapan layar tersebut terdapat suara yang unik dan animasi yang unik seperti sebuah moster yang sedang melahap makanannya.

Kenangan apalagi yang teman-teman punya bersama Blackberry boleh langsung kirim keseruan anda dikolom komentar.

  • Bagikan

Respon (1)

Komentar ditutup.

error: Content is protected !!