BEBERAPA FAKTA UNIK TENTANG NYAMUK

nyamuk
nyamuk

Chakpedia – Siapa tak mengenal jenis serangga ini yaitu nyamuk, yang memiliki ciri fisik mempunyai dua sayap bersirip. tubuh yang langsing dan memiliki enam kaki yang panjang. Jenis serangga ini biasanya berada di genangan air dan ditempat yang kotor. Apabila banyak nyamuk dirumah mu makanya kamu perlu melakukan kegiatan bersih-bersih.

Bagi setiap manusia nyamuk adalah sebuah bertanda masalah besar. Kenapa? Karena tidak hanya dengungannya yang mengganggu, tetapi gigitan nyamuk tersebut sangat lebih mengganngu. Apabila sudah digigit serangga ini maka akan menimbulkan seperti bentol kemerahan dan timbulnya rasa gata sehingga banyak orang dibuat tidak nyaman akan kehadiran nyamuk ini.

ApalagiĀ  disaat memasuki musim pancaroba seperti ini peralihan dari musim kemarau ke penghujan. Sebab, pada musim pancaroba ini banyak jenis penyakit yang mengancam kesehatan manusia terutama disebabkan oleh gigitan nyamuk ini. Maka dari itu masyarakat dihimbau untuk menjaga kesehatannya.

Di Indonesia saja, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk sudah termasuk menjadi masalah kesehatan yang sangat serius. Dikarenakan perkembang biakan nyamuk yang sangat cepat. Salah satu nya yang selalu penyakit yang menjadi perhatian di Indonesia yang disebabkan oleh nyamuk adalah Chikungunya, Zika, Kaki Gajah, Malaria dan Demam Berdarah.

Nyamuk

Tapi dibalik itu semua ternyata ada beberapa fakta menarik tentang nyamuk yang banyak kita belum ketahui diantaranya :

Nyamuk tidak memiliki gigi

Nyamuk tidak memiliki gigi untuk mengunyah berbeda seperti jenis binatang pada umumnya. Karena dari itu nyamuk hanya mengkonsumsi darah sebagai makanannya. Untuk menghisap darah, Nyamuk menggunakan anggota tubuhnya yang bernama proboscis atau sejenis jarum pada mulutnya guna untuk menembus kulit mangsanya.

Nyamuk betina yang menggigit

Jujur saja penulis hingga saat ini tidak tau bagaimana cara membedakan jenis kelamin nyamuk mana betina mana yang jantan hehehehe. Tetapi disini saya ingin memberi tahu kepada pembaca bahwa faktanya hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah.

Laaah nyamuk jantannya kemana om kok hanya betina saja yang menghisap darah? Kalau nyamuk jantannya lebih memiliki mengkonsumsi nektar yang terdapat pada tumbuhan.

Penyebab gatal saat digigit nyamuk

Siapa sih yang tidak pernah digigit nyamuk? Pastinya semua orang pernah merasakan digigit nyamuk. Apalagi kalau sudah di gigit oleh nyamuk pastinya menimbulkan rasa gatal dan lama-lama akan menimbulkan bentol. Ternyata hal itu terjadi karena disaat nyamuk menggigit ia akan meninggalkan bekas liurnya guna mencegah darah membeku saat di hisap. Jadi yang membuat gatal ialah air liurnya.

Usia nyamuk yang pendek

Seekor nyamuk memiliki usia hidup yang relatif pendek. Antara nyamuk betina dan pejantan kehidupan mereka memiliki masa hidup yang tidak sama.

Nyamuk jantan, usia hidupnya berkisar hanya lima hari – tujuh hari. Sedangkan nyamuk betina umurnya lebih panjang daripada jantan yaitu memiliki usia sekitar dua minggu – empat minggu.

Menembus baju

Terkadang hal ini membuat siapa saja pasti risih. Terkadang sudah menggunakan baju lengan panjang celana panjang ataupun berbahan tebal masih saja digigit olehnya. Ternyata terdapat fakta unik dibalik itu semua ternyata pisau penghisap pada tubuh nyamuk memiliki ujung yang sangat tajam sehingga bisa menembus pakaian kalian yang saat itu dipakai.

Nyamuk menghisap darah

Om om kenapa kok nyamuk menghisap darah tidak menghisap es boba aja kan enak? Nah tadi sudah dibahas bahwa hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah. Mereka menghisap darah untuk bertelur, karena nyamuk tidak dapat menghasilkan asam amino pada tubuhnya maka nyamuk akan mengambil darah kita yang kaya akan asam amino. Tanpa darah dari manusia maupun hewan lain nyamuk tidak akan bisa berkembang secara baik.

Sedikit fakta unik tentang nyamuk si serangga kecil yang menggemaskan namun mematikan bisa dibilang vampir kecil. Walaupun kecil kita tidak boleh menganggapnya sepele ada orang berkata kecil-kecil cabe rawit. Karena sudah banyak kasus kematian yang disebabkan oleh nyamuk ini diberbagai belahan dunia. Tetap harus waspada ya, Selalu jaga kebersihan rumah dan menutup tempat penyimpanan air, membersihkan genangan air intinya tetap jaga keseharan dan kebersihan lingkungan sekitar, Sampai ketemu di Berita Unik Selanjutnya !!!

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.