Gunung Semeru Erupsi, Status Gunung Semeru Kini Menjadi Awas

Gunung Semeru

ChakpediaGunung Semeru yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malam, Jawa Timur kembali erupsi hingga menyemburkan awan panas pada minggu (4/12/2022) dini hari. Hingga saat ini Gunung Semeru berstatus Awas (Level 4).

Gunung Semeru kian terus menyemburkan awan panas terpantau pada pukul 19.00 WIB, Semburan awan panas ini terjadi hingga 12 Km dari puncak dan terus berlangsung.

PVMBG menghimbau kepada warga agar tidak ada aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 Km dari puncak. Berdasarkan pantauan dilapangan abu vulkanik membumbung tinggi cenderung mengarah ke selatan.

Awan panas guguran (APG) Gunung Semeru terpantau dari CCTV Pos Pantau PVMBG Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022)  (Dok BNPB)

Hasil pemantauan secara visual dan kegempaan menunjukan terjadi peningkatan aktivitas, dan dinilai tingkat aktivitas Gunung Semeru dinaikan yang awalnya level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas), terhitung mulai tanggal 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB.

Status Level Gunung Api

Berdasarkan Permen ESDM No 15 Tahun 2011, tingkat aktivitas gunung api dibagi menjadi 4 :

Level I (Normal)

Hasil pengamatan visual dan instrumental fluktuatif, tetapi tidak memperlihatkan peningkatan aktivitas yang signifikan. Ancaman bahaya beru[a gas beracun di sekitar kawah (Pada gunung api tertentu).

Level II (Waspada)

Hasil pengamatan visual dan instrumental mulai memperlihatkan peningkatan aktivitas. Pada beberapa gunung api dapat terjadi erupsi. Ancaman bahaya berada di sekitar kawah.

Level III (Siaga)

Hasil pengamatan visual dan instrumental memperlihatkan peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunung api mengalami erupsi. Ancaman bahaya erupsi bisa meluas tapi tidak mengancam permukiman penduduk.

Level IV (Awas)

Hasil pengamatan visual dan instrumental teramati mengalami peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunung api mengalami erupsi. Ancaman bahaya erupsi bisa meluas dan mengancam pemukiman.

Status Gunung Semeru Meningkat

Gunung Semeru

Melihat status gunung semeru yang kian terus meningkat, BNPB memprediksi akan terjadi aliran lagan, mengingat curah hujan di Kabupaten Lumajang yang cukup tinggi. ” Dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik tersebut, maka pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikan status Gunung Semeru menjadi Awas.

Debu mulai beterbangan ke arah permukiman warga, hingga beberapa diantaranya harus diselamatkan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaran material erupsi berupa lontaran batuan pijar yang diperkirakan akan mencapai radius 8 Km dari Puncak. Sedangkan material lontaran abu saat ini mencapai 12 Km ke arah tenggara. Arah dan Jarak sebaran material abu ini dapat berubah tergantung arah dan kecepatan angin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *