Membangun Indonesia Makin Cakap Digital, Bersama Menkominfo dan Relawan TIK

Indonesia Makin Cakap Digital

Chakpedia – Adanya pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang besar terhadap di berbagai sektor kehidupan, Sehingga mendorong setiap orang untuk bermigrasi ke ruang digital. Indonesia Makin Cakap Digital merupakan momentum di tahun 2021 yang dijadikan sebagai hari Kebangkitan Digital Indonesia yang dibarengi dengan hari Kebangkitan Nasional.

Dengan diadakan Indonesia Makin Cakap Digital diharapkan adanya peningkatan Sumber Daya Manusia di bidang penggunaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di seluruh Indonesia.

Pastinya harus dibarengi dengan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), karena tanpa adanya kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut akan berpotensi buruk seperti penyebaran berita hoaks, Penipuan daring, Pencurian data pribadi dan masih banyak lagi.

Menkominfo mengajak Relawan TIK untuk bekerja sama dalam meningkatkan Indonesia Makin Cakap Digital. Diketahui sejak berdirinya Relawan TIK Indonesia dari tahun 2012 hingga sekarang membawa pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat daerah.

Khususnya masyarakat daerah yang mengalami kesenjangan digital tersebut. Adanya Relawan TIK membawa warna baru yang setiap bagiannya tak dapat terpisahkan dalam pembangunan dan pemberdayaan Literasi Digital di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Tentunya ini merupakan tanggung jawab dan tugas yang harus di emban oleh semua pengurus Relawan TIK yang berada di setiap provinsi maupun di tiap kabupaten guna menjadikan Indonesia Makin Cakap Digital.

Relawan TIK Kalimantan Barat

Walaupun Relawan TIK Kalimantan Barat dalam beberapa waktu sempat “mati suri”. Kini di awal tahun 2021 Relawan TIK Kalimantan Barat kembali bangkit dari tidurnya, pastinya dengan semangat baru dan susunan kepengurusan baru.

Maka Relawan TIK Kalimantan Barat akan mewujudkan dan melakukan pemerataan pembangunan Digital disetiap wilayah Kalimantan Barat yang tertinggal sesuai dengan Visi dan Misi Relawan TIK Indonesia.

Untuk menyukseskan Program ini, Relawan TIK Kalimantan Barat juga menggandeng beberapa Komunitas dan Lembaga Pendidikan yang aktif diantaranya : Komunitas Blogger Kubu Raya, Komunitas Blogger Pontianak, Gradasi Kalbar, LKP Yale Communication dan masih banyak lagi.

Indonesia Makin Cakap Digital

Adanya Pandemi Covid-19 menjadi lompatan besar yang strategis untuk mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital. Karena segala aktivitas dan interaksi semua seduah menuju ke Dalam Jaringan (Daring).

Hal ini tentunya sangat istimewa mengingat acara ini menandai dimulainya program Gerakan Nasional yaitu Indonesia Makin Cakap Digital dan juga bertepatan pada hari Kebangkitan Nasional.

Tidak hanya Relawan TIK Indonesia saja melainkan seluruh komponen dan stakeholder yang memiliki kemampuan dibidang TIK bersama-sama membangun Negeri menjadi Negara yang Makin Cakap Digital.

Indonesia Makin Cakap Digital

 

Kegiatan

Acara ini akan di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H Joko Widodo dan dihadiri juga oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, dan seluruh Pimpinan Daerah se-Indonesia.

Acara ini bertemakan ” Indonesia Makin Cakap Digital “, Yang diselenggarakan pada hari Kamis, 20 MEI 2021 / 09.00 WIB. Akan ditayangkan secara serentak di 16 Stasiun TV, dan juga akan ditayangkan secara Live Streaming di akun Youtube Kemkominfo TV dan Siberkreasi.

Apabila ada yang ingin bergabung dalam acara ini bersama kami dapat melalui via zoom (Klik Disini Untuk Bergabung). Link Zoom akan dikirim melalui email anda saat mendaftar atau bisa langsung (Klik disini link Zoom).

3 Replies to “Membangun Indonesia Makin Cakap Digital, Bersama Menkominfo dan Relawan TIK

Comments are closed.