banner 728x250

Kalkulator BMI Online, Hitung Berat Badan Idealmu Hanya di SehatQ

  • Bagikan
Kalkulator BMI Online
Gluttony leading to obesity cartoon poster with fat man holding hamburger and package of baked goods vector illustration
banner 468x60

Chakpedia – Membahas mengenai Kalkulator BMI, mungkin ada sebagian orang yang belum mengetahui apa itu BMI. Jadi BMI itu merupakan Body Mass Index (BMI) atau biasa disebut dengan Indeks Masa Tubuh (IMT), hal tersebut merupakan parameter untuk menghitung ideal atau tidaknya badan seseorang.

Melalui perhitungan ini kita akan mengetahui apakah berat badan kita termasuk dalam golongan normal, kurang, berlebih atau justru obesitas. Dari pengukuran BMI atau IMT ini kita juga mengetahui risiko awal terhadap suatu penyakit yang kita alami.

Seperti berat badan berlebih kemungkinan kita mengalami overweight atau bisa juga mengidap obesitas. Atau dalam hasil BMI atau IMT nya rendah dapat diartikan bahwa kekurangan gizi sehingga memiliki berat badan yang kurang.

Tetapi ada hal penting yang perlu diketahui untuk kita semua bahwa BMI ini tidak dapat mengukur berapa persen lemak ditubuh dan berapa persen masa otot yang dimiliki tubuh.

Kalkulator Online BMI

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui BMI kita, salah satunya yang lebih praktis saat ini dalam menghitung Indeks Masa Tubuh kita dapat menggunakan Kalkulator BMI Online. Kita dapat menggunakan fitur ini kapanpun dan dimanapun jadi tak perlu repot-repot lagi Menghitung secara manual atau datang kepuskesmas atau rumah sakit untuk mengukurnya.

Dengan cara mengunjungi website SehatQ lalu isikan form Tinggi dan Berat Badan Anda. Maka Anda langsung dapat mengetahui Indeks Masa Tubuh Anda masuk dalam kategori Kurus, Normal, Gemuk atau Obesitas. untuk mengetahui hal tersebut (Klik Disini).

Kalkulator BMI

Sehat Q

Jadi  sebelum memasuki pembahasan kita mengenai Kalkulator BMI Online. Disini saya juga ingin memperkenalkan mengenai Sehat Q. Sehat Q merupakan Asisten Kesehatan untuk Anda. Sehat Q hadir untuk mengelola kesehatan Anda dan Kelarga, dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika mengalami sakit, dan juga perawatan setelah sembuh dari penyakit.

Sehat Q juga menyajikan informasi mengenai kesehatan dengan informasi yang jelas dan juga kredibel, dan juga menyediakan platform untuk membuat sebuah komunitas kesehatan dengan bertukar informasi serta saling mendukung perjalananan kesehatan untuk kesembuhan, dan juga Anda dapat terhubung dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan. Pastinya berpengalaman pada bidangnya . Serta jangan lupa untuk mengunjungi websitenya dan jangan lupa juga download aplikasinya di App Store dan Google Play.

Sekarang juga masih dalam masa Pandemi Covid-19 maka dari itu kita perlu selalu menjaga kesehatan tubuh kita agar selalu terjaga, apabila mengalami gejala sakit segera lakukan tes kesehatan di Puskesmas atau rumah sakit terdekat atau bisa juga langsung menghubungi SehatQ untuk mengkonsultasikan masalah kesehatan ke tenaga medis yang terdapat pada layanan website atau aplikasi Sehat Q.

Selain itu saat ini Pemerintah Indonesia juga sedang menggalakan aksi vaksinasi, untuk Anda yang belum vaksin atau terkendala ingin vaksin namun baru sembuh dari Virus Corona, bisa langsung saja cek di Sehat Q mengenai Syarat Vaksin Covid-19 nanti akan mendapatkan penjelasan dari tenaga medis yang berpengalaman pada bidangnya.

 

Cara Menghitung BMI secara manual

Sebelum Anda menggunakan fitur Kalkulator BMI secara online pastikan harus mengetahui dulu ni mengenai Rumus perhitungan BMI secara manual. Jadi rumus BMI ini membandingkan antara berat badan dengan tinggi badan.

Berikut rumus perhitungan BMI yang bisa digunakan :

Contoh kasus : Apabila saat ini Anda memiliki berat badan 75 kilogram dan tinggi 170 cm (1.7 meter). Lalu ingin mencari tau apakah termasuk kondisi normal atau malah justru obesitas.

Yaitu dengan cara, pertama -tama kalikan tinggi badan 1.7 ²(dalam kuadrat) = 2.89 lalu selanjutnya, bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan : 75/2.89 = 25.95

Apabila sudah menemukan hasilnya setelah itu, cocokan angka BMI yang didapat dari hasil perhitungan tersebut ( 25.95 ) maka dapat dikategorikan Berlebih. dapat dilihat tabel dibawah ini :

Di bawah 18.5 Berat badan kurang proposional
Di antara 18.5 – 22.9 Berat badan normal
Di antara 23 – 29.9 Berat badanberlebih (Berpotensi Obesitas)
Di atas 30 Obesitas

Bagaimana Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal ?

Apabila kita telah mengetahui hasil tersebut baik dari perhitungan secara manual maupun menggunakan kalkulator BMI Online. Di rasa hasil yang didapat berlebihan mendekati obesitas maka kita harus segera berusaha melakukan aktifitas dan pola makan kita akan mendapatkan berat badan yang ideal.

Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dirumah untu mendapatkan berat badan yang ideal :

  • Olahraga

Tak perlu olahraga yang berat, seperti mengangkat beban yang berlebih, Jalan kaki dapat dikatakan sebagai olahraga, bersepeda dan masih banyak lagi olahraga ringan yang dapat kita lakukan dirumah.

  • Asupan

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal kita juga perlu menjaga asupan yang masuk ketubuh kita, hidari makan makanan yang memiliki tinggi kalori, seperti gula, soda, dan makanan cepat saji atau fastfood. Mulai saat ini ubahlah kebiasaan asupan yang buruk menjadi asupan yang baik seperti sayur dan buah-buahan, karena hal tersebut memiliki serat yang tinggi.

  • Batasi Screen Time

Dijaman teknologi saat ini terkadang ada saja sebagian orang yang tak membatasi Screen Timenya seperti penggunaan Smartphone, Komputer/Laptop , Televisi dll. Hal tersebut dapat meningkatkan kegemukan karena apabila kita tidak membatasi hal tersebut maka kita akan menjadi malas untuk melakukan aktivitas fisik dan menyebabkan tidur lebih larut malam.

Maka dari itu untuk Anda mulai sekarang batasi Screen Time pergunakan waktu terbaik anda untuk mendapatkan tubuh yang lebih ideal seperti olahraga dan menjaga pola tidur maka akan membuat tubuh anda menjadi ideal. Apabila ingin mengkonsultasikan akan hal tersebut bisa langsung hubungi dokter agar mendapatkan penaganan lebih lanjut.

  • Bagikan