Kegiatan Puasa Ramadhan Generasi 90-an Yang Bikin Rindu

Puasa

Chakpedia – Puasa Ramadhan suatu kegiatan yang dilakukan oleh umat islam selama sebulan penuh pada bulan suci Ramadhan dengan tidak makan dan minum serta menahan hawa nafsu.

Saat puasa pastinya ada saja godaan apa lagi disiang hari yang panas, bawaannya pingin minum yang seger-segerkan, hehehe… Salah satu solusi agar terhindar dari godaan tersebut pastinya mengisi jam kosong tersebut dengan melakukan kegiatan yang positif.

Apalagi ni buat yang lahir di generasi 90-an pasti merasa bedanya dengan kegiatan puasa pada bulan ramadhan di zaman sekarang ini dengan ramadhan zaman dulu. Kalau pada generasi 90-an pasti tau kegiatan khas yang dilakukan sehingga puasanya akan terasa seru. Jujur saja saya sendiri kalau di ingat-ingat kembali jari rindu akan masa-masa itu.

Generasi Milenial

Generasi milenial sebutan kerennya. Dapat kita lihat anak-anak zaman sekarang ini lebih banyak memilih bermain gadget, atau bermain game di gadgetnya bersama teman-temannya kalau istilah kerennya yaitu mabar (Main Bareng) biasanya ini dilakukan secara online sambil menunggu waktu berbuka ketimbang jalan-jalan sore bersama teman-teman.

Ini lah merupakan kegiatan puasa zaman ini berbeda pada zaman dahulu akibat hadirnya teknologi. Anak generasi 90-an saat ini mungkin sudah beranjak dewasa atau mungkin sudah menikah memiliki anak. Sehingga tidak mungkin melakukan beberapa kegiatan pada zaman dulu yang seru menyenangkan.

Ada beberapa kenangan yang tak mungkin terlupa oleh anak generasi 90-an sehingga bikin rindu ingin kembali pada zaman itu. Yaudah kita flashback aja langsung beberapa kenangan puasa generasi 90-an

Isi Buku Kegiatan Ramadhan

Kenangan puasa ramadhan yang pertama bikin rindu ialah mengisi buku kegiatan ramadhan dan minta tanda tangan imam tarawih. Biasanya buku ini diberikan oleh sekolah agar mengisinya sampai ramadhan selesai.

Buku tersebut berisi dari Kegiatan Shalat lima waktu, Puasa, Baca Al-Quran, Salat Tarawih dengan disertai Tanda Tangan Imam Tarawih sesuai tanggal.

Ayo ngaku pasti kalian pernah merasakan, betapa malasnya untuk mengisi buku ramadhan ini. Bahkan terkadang kamu berusaha meniru tanda tangan imam tarawih karna malas ngantri untuk tanda tangannya ya. Ayo ngaku siapa yang pernah melakukan hal tersebut hehehe…

Membangunkan Sahur

Ini biasanya paling dominan adalah para kaum laki-laki. Kalau belum pernah ikut keliling kampung untuk bangunin sahur itu rasanya belum afdol.

Kegiatan membangunkan sahur merupakan kegiatan yang paling asik pada era generasi 90-an. Tidak perlu menggunakan barang-barang yang berat. Cukup bawa ember,galon, kaleng, atau kaleng biskuit untuk membangunkan sahur.

Main Petasan di Bulan Puasa

Kegiatan wajib anak generasi 90-an yaitu bermain petasan, Khususnya setelah berbuka dan setelah shalat tarawih. Biasanya bermain petasan ini dilakukan dihalaman masjid atau di rumah teman yang berdekatan dengan masjid.

Bahkan terkadang ada beberapa teman yang sudah membeli berbagai macam jenis petasan untuk dimainkan dari yang kupu-kupu, gasing, Cabe, Disko, Roket, Mercon Korek dan masih banyak lagi. Kalau kamu pernah main petasan yang mana?

Perang Sarung di Bulan Puasa

Namanya anak-anak yang paling mengasyikan dibulan Ramadhan yaitu bermain bersama teman-teman. Permainan yang mengasyikan di Bukan Ramadhan ya perang sarung siapa yang ga pernah main perang sarung?

Di rumah sih izinnya mau shalat tarawih, tapi pas sampe masjid bertemu teman-teman malah jadi main perang sarung dihalaman masjid. Sehingga menimbulkan keributan dan memancing amarah para orang tua yang sedang menjalankan shalat tarawih. Kalau aku sih pernah dimarah, Kalau Kamu gimana? hahaha… Namanya juga anak-anak pada masanya.

Meriam Karbit

Anak generasi 90-an pasti kenal dong permainan yang satu ini. Permainan yang paling mengasyikan ketika menunggu berbuka puasa. Meriam ini biasanya dibuat dari batang bambu, atau biasanya dari kaleng susu bekas yang disatukan dengan isolasi.

Untuk mencari barang tersebut biasanya dilakukan setelah usai shalat subuh karena cuaca yang tidak panas dan sorenya bisa dimain. Bermain disawah atau di semak-semak bersama teman-teman yang seolah-olah sedang berperang melawan musuh hehehe…

Kegiatan tersebut hanya menjadi kenangan di zaman generasi 90-an yang paling dirindukan. Pokoknya panggilan terbaik setelah adzan magrib yaitu panggilan pulang oleh orang tua.

Sisi Baik Puasa Dizaman Dulu

Dibalik keseruan hal yang dilakukan pada zaman dahulu ternyata memiliki sisi baik yang dapat dipelajari diantaranya.

Kita dapat bersosialisasi bersama teman-teman, Memiliki banyak teman, Belajar jujur, dan masih banyak pelajaran yang baik. Kalau dizaman sekarang, kegiatan tersebut sudah sangat jarang dilakukan namun masih bisa dilakukan . Jadi rindu akan pada zaman dahulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.