Webinar Literasi Digital Kubu Raya : Berselancar Dengan Aman di Dunia Digital

Literasii Digital Nasional

Chakpedia – Pada kesempatan kali ini Relawan TIK Kalimantan Barat diberi kesempatan untuk mengisi Webinar Literasi Digital di Kabupaten Kubu Raya. Adanya tujuan Literasi Digital ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dimana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sebuah produk ciptaan manusia yang berupa alat dan saat ini menjadi suatu kebutuhan yang tak terlepaskan. Lahirnya Teknologi Informasi dan Komunikasi mempengaruhi setiap perilaku manusia terutama disaat ini pada generasi muda.

Bermedia digital menjadi sebuah budaya konsumtif yang sebenarnya dapat dilawan dengan budaya produktif. Namun berkembangnya teknologi secara pesat megakibatkan segala ancaman yang selalu mengintai kita. Semakin kita nyaman di dunia digital maka kita semakin terjebak dalam situasi yang berbahaya.

Literasii Digital Kubu Raya

Literasi Digital Kubu Raya

Pada kesempatan kali ini di Webinar Literasi Digital Kabupaten Kubu Raya pada hari selasa 13 Juli 2021 membawakan Tema “Berselancar Dengan Aman di Dunia Digital”. Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut guna meliterasi seluruh masyarakat yang berada di Kabupaten Kubu Raya dan Sekitarnya agar tidak menjadi korban kejahatan dalam dunia digital.

Pada kesempatan kali ini juga di Webinar Gerakan Literasi Digital Kabupaten Kubu Raya mengundang para narasumber hebat yang ahli dalam bidangnya diantaranya :

  • Puspo Galih Wichaksana (Relawan TIK Kalimantan Barat & Instruktur Yale Communication) / Digital Safety
  • Windy Oktanaura (Accountant at PT. Paragon Technology and Innovation) / Digital Culture
  • Edi Suprianto (CEO Borneo Istimewa) / Digital Skill
  • Aprilia Putri (News Anchor iNews TV & MNC News Channel) / Digital Ethics
  • Reza Rahman (Master of Ceremony) / Moderator

Sesuai judul kali ini kita akan membahas mengenai keamanan dan keselamatan di dunia digital agar tidak tertipu daya oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Paparan Webinar Literasi Digital (Digital Safety)

Puspo Galih Wichaksana sebagai pengurus RTIK Kalimantan Barat serta sebagai Instruktur di LKP Yale Communication membawakan pilar Digital Safety dengan tema “Tips & Trik Menjaga Keamanan Data Pribadi di Dunia Digital“.

Pada pemaparannya bahwa banyak sekali kejahatan yang terjadi didunia digital baik dari serangan Phising, Hacker, Malware, DDoS dan masih banyak lagi. Agar terhindar dalam serangan tersebut kita jangan mudah percaya akan sebuah tipu daya oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Agar aman didunia digital pastinya kita harus mencari kebenaran atau keabsahan suatu informasi jangan main ASAL KLIK, serta jangan mengumbar informasi data diri baik KTP, KK, Kartu Vaksin dan masih banyak lagi, Jangan mendownload Software Bajakan agar terhindar dari serangan Malware dan Trojan, Serta selalu tingkatkan keamanan pada sistem Operating System agar perangkan kita aman dan terhindar dari serangan Malware, Selalu Update OS dan Software/Aplikasi pada perangkat.

Puspo Galih Wichaksana mengatakan bahwa sebaik apapun sebuah system dan sekuat apapun keamanan suatu system, semuanya kembali lagi kediri kita masing-masing bahwa keamanan itu harus tertanam pada diri kita. Apabila kita pandai menjaga keamanan data diri kita maka akan aman pula data pribadi diri kita di dunia digital, dan jangan pernah lengah dan beri kesempatan pada oknum yang tidak bertanggung jawab.

Literasii Digital Kubu Raya

Selalu berhati-hati mengenai data diri pribadi didunia digital, karena dunia digital itu sangat luas dan banyak bahaya yang selalu yang mengintai.

Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 Juta orang terliterasi secara digital pada tahun 2021 dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021.

 Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama yaitu Tips dan Trik Menjaga Keamanan Data Pribadi di Dunia Digital (Digital Safety), Main Aman Saat Berbelanja Online (Digital Culture), Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital (Digital Skill), dan Etika Menghargai Karya atau Konten Orang Lain di Media Sosial (Digital Ethics).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.