Relawan TIK Kalimantan Barat ,Ikut Serta Dalam Event Webinar dan Lokakarya Pandu Digital Kalbar

Pandu Digital

Chakpedia – Awalnya saya mendapatkan undangan agar ikut serta dalam kegiatan webinar dan lokakarya Pandu Digital dengan tema Peran Pandu Digital dalam Mendampingi Desa Digital, Sehingga membuat rasa penasaran saya meningkat saat mendengar kata “Pandu Digital”.

Kata tersebut tidak asing terdengar ditelinga saya, Karena tingkat penasaran yang memuncak. Selanjutnya saya mencoba cari di google mengenai tentang apa itu pandu digital. Ternyata Pandu Digital merupakan wadah atau perkumpulan masyarakat umum yang memiliki pemahaman, kemampuan, dan kompetensi mendasar dalam literasi digital.

Langsung saja saya mendaftar dan mengikuti Webinar dan Lokakarya Pandu Digital tersebut, Sembari mengisi waktu luang juga menambah Ilmu dan Wawasan dalam bidang Digital.

Relawan TIK Kalbar

Diketahui dalam dua tahun terakhir kepengurusan pada Organisasi Relawan TIK Kalimantan Barat di non-aktifkan dikarenakan belum menemukan orang-orang yang tepat untuk didelegasikan.

Alhamdulillah menjelang Bulan Ramadhan 1442 Hijiriah, Relawan TIK Kalimantan Barat kembali dibentuk dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama guna mengembangkan pemanfaatan teknologi digital ke masyarakat umum.

Sehingga dapat menghidupkan kembali Relawan TIK Kalimantan Barat yang selama ini sempat “mati suri”. Keanggotaan tersebut kebanyakan berasal dari tim Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Yale Communication, dan saya juga merupakan salah satu dari anggota Relawan TIK Kalimantan Barat yang berasal dari tim LKP Yale Communication.

Setelah beberapa saat susunan kepengurusan inti Relawan TIK Kalimantan dibentuk, ada tantangan hadir yaitu untuk menyelenggarakan kegiatan bertemakan Webinar Digital Skill yang diberikan oleh pengurus pusat Relawan TIK Indonesia.

Webinar Digital Skill

Walaupun pada awalnya sempat ragu untuk mengambil tantangan tersebut. Karena ini merupakan sebuah organisasi tidak bisa mengambil keputusan sendiri, maka dilakukan lah diskusi internal antar pengurus inti, dan tantangan tersebut kami terima.

Tidak hanya pelaksanaan tersebut yang menjadi tolak ukur kesuksesan melaikan jumlah peserta yang mengikuti webinar juga masuk dalam keberhasilan penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Pada penyelenggaraan kegiatan Webinar Digital Skill yang pertama, dengan mengucapkan rasa syukur alhamdulillah jumlah peserta yang hadir secara daring berjumlah 360 peserta. Angka ini telah melewati target yang telah ditetapkan oleh pengurus pusat RTIK Indonesia yaitu 300 Peserta.

Melihat kesuksesan Relawan TIK Kalbar di event perdananya, Relawan TIK Kalimantan Barat kembali mengambil tantangan tersebut, walau di event kedua dan ketiga ini tidak mencapai target awal, setidaknya jumlah peserta sebanyak 270 peserta dan event yang ketiga berjumlah 160 peserta, dapat dilihat angka tersebut bukan angka yang sedikit.

Pandu Digital

Jumlah Peserta Webinar Digital Skill

Pada akhirnya, Relawan TIK Kalimantan Barat mendapat tantangan untuk menyelenggarakan kembali tiga kegiatan webinar, dan pada event kali ini RTIK KALBAR kembali memecahkan rekor. Dengan peserta yang ikut serta mencapai 406 Orang, 402 Orang, dan 415 Orang.

Secara detail dibawah ini merupakan daftar kegiatan Webinar Digital Skill yang telah dilaksanakan oleh Relawan TIK Kalbar beserta jumlah perserta yang hadir dalam acara tersebut :

  1. Aplikasi Perkantoran Pengolahan Kata = 360 Peserta
  2. Aplikasi Perkantoran Pengolahan Angka = 270 Peserta
  3. Design Grafis Membuat Infografis = 160 Peserta
  4. Membangun Website Menggunakan Blogspot dengan Top Level Domain = 406 Peserta
  5. Membuat Website dengan CMS Wordpres = 402 Peserta
  6. Jaringan Komputer dengan Mikrotik = 415 Peserta

Pandu Digital Kalbar

Melihat dari keberhasilan Relawan TIK Kalbar yang telah menyelenggarakan enam kegiatan Webinar Digital Skill, dimana pelaksanaan tiga event terakhir melebihi angka 400 peserta, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KEMENKOMINFO-RI) menunjuk Kalimantan Barat sebagai tuan rumah setelah cirebon dalam pelaksanaan Pandu Digital.

Tentu saja permintaan dari pihak KEMENKOMINFO RI merupakan sebuah tanggung jawab yang besar karena setelah kegiatan ini berakhir Pandu Digital Kalbar harus muncul dan mengambil peran serta ke masyarakat langsung.

Maka dari itu karena masih baru mengenal dengan Istilah Pandu Digital ini, Para pengurus Relawan TIK Kalbar diminta agar turut serta dalam kegiatan Webinar dan Lokakarya Pandu Digital di Cirebon dengan tema Peran Pandu Digital dalam Mendampingi Desa Digital.

Kegiatan Lanjutan

Setelah Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijiriah, Insya Allah Relawan TIK Kalimantan Barat akan menyelenggarakan kembali kegiatan webinar pastinya dengan beberapa tema menarik, tentunya tema tersebut masih ada hubungannya dengan pemanfaatan teknologi digital di segala aspek kehidupan masyarakat.

Adapun beberapa tema umum mengenai Kegiatan yang berkaitan dengan Event Pandu Digital Kalbar nantinya :

  • Literasi Digital
  • Melek Financial
  • UMKM Naik Kelas
  • dan masih banyak lagi

Untuk informasi lebih lanjut tetap nantikan perkembangan terbaru selanjutnya hanya di Chakpedia.

2 Replies to “Relawan TIK Kalimantan Barat ,Ikut Serta Dalam Event Webinar dan Lokakarya Pandu Digital Kalbar

Comments are closed.