Perhelatan Akbar Festival TIK 2022 Sukses Gelar di Pontianak, Kalimantan Barat

festival tik 2022

Chakpedia – Perhelatan akbar Festival TIK yang ke 11 telah digelar di Pontianak berjalan dengan lancar dan sukses. Acara ini sukses dikarenakan kerjasama antara Pengurus RTIK Indonesia dan seluruh pengurus serta anggota Relawan TIK di berbagai daerah Kalimantan Barat.

Kegiatan Festival TIK ini di gelar setiap tahunnya di berbagai wilayah di Indonesia. Pada tahun ini Pontianak, Kalimantan Barat terpilih menjadi tuan rumah Festival TIK 2022.

Walaupun batas waktu yang di berikan cukup singkat namun dengan kekompakan antara leader dan anggota yang tergabung dalam panitia inti Festival TIK 2022 menjadikan semangat bagi kita semua untuk dapat bekerjasama.

Festival TIK 2022

festival tik 2022

Relawan TIK Indonesia kembali menggelar acara tahunan Festival TIK dengan tema “Transformasi Digital Untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Pariwisata”. Serta memiliki tagline “Ninget Teknologi Nune’ Jratn Relawan TIK” yang memiliki arti Melek Teknologi Melalui Relawan TIK.

Acara ini digelar di Kota Pontianak pada tanggal 16 – 17 November 2022 bertepat di Politeknik Negeri Pontianak. Hal ini berjalan dengan upaya penerapan dan sosialisasi teknologi informasi dan komunikasi dalam memadankan pengembangan kebudayaan dan kepariwisataan di Indonesia.

Kegiatan Festival TIK 2022 di sambut positif dengan dua orang tokoh penting di Kota Pontianak, yaitu pertama Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono  M.M., M.T dan yang kedua Sultan Pontianak Sultan Syarif Machmud Melvin Alqadrie.

Opening Ceremony Festival TIK 2022

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono membuka langsung kegiata acara Festival TIK 2022, mengatakan di era digital sekarang ini sudah saatnya setiap orang membekali diri dengan literasi digital yang mumpuni. Keterampilan tersebut, menurutnya amat urgensi terutama pada zaman modern seperti sekarang.

Literasi digital harus terus berlanjut karena perubahan sekarang begitu cepat dengan seiring perkembangan teknologi digital, ucapnya.

Selanjutnya beliau mengatakan bahwa literasi digital terdapat empat pilar yang harus diketahui. Keempat pilar itu adalah etika, budaya, keamanan hingga kemampuan digital. Pilar tersebt menjadi acuan dalam penggunaan dunia digital / internet khususnya di Kota Pontianak.

Rangkaian Kegiatan Festival TIK 2022

Setelah kegiatan opening dilaksanakan, dilanjutkan berbagai kegiatan diantaranya 3 seminar dan 13 workshop. Adapun kegiatan tersebut memiliki tema besar diantaranya :

Seminar Nasional

  1. Transformasi Digital Pariwisata
  2. Bersama Lawan Hoaks
  3. Transformasi Digital UMKM dan Ekonomi Kerakyatan

Workshop

  1. Trik Melindungi Website OPD
  2. Membuat Infografis Menggunakan Canva
  3. Membuat Company Profil dengan Filmora
  4. Workshop Aplikasi Pengolah Angka
  5. Workshop Aplikasi Pengolah Kata
  6. Gamifikasi dalam Public Speaking
  7. Tak Tik Mengoptimalkan Tik TOK
  8. Belajar Tik Tok Agar Bisnis Gak Mentok
  9. Proteksi Data Pribadi
  10. ToT Dukungan RTIK Menuju Pemerintah Digital
  11. ToT Microsoft Specialist bagi Leader RTIK
  12. Mempersiapkan Lulusan SMK Kalimantan Barat Kompeten di Era Industri 4.0
  13. Implementasi Kurikulum Merdeka

RTIK Awards

festival tik 2022

Acara pada malam harinya yaitu Gala Dinner yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Pontianak. Kegiatan ini merupakan acara puncak Penyelenggaraan Festival TIK 2022 dimana semuanya saling menjalin silaturahmi, juga malam penghargaan diberikan yang diharapkan dapat menginspirasi banyak pihak.

Ada beberapa kategori penghargaan yang diberikan, antara lain :

Kategori Leader Inspiratif

Kategori Pandu Digital Relawan TIK Terbaik

  • Muhammad Mubarok Hasanudin
  • Mei Santi
  • Moh Ismanu Roziqi
  • Didno

Kategori Produk Inovatif Terbaik

Kategori Komunikasi Publik Digital Terbaik

  • Relawan TIK Jember
  • Relawan TIK Indramayu
  • Relawan TIK Aceh
  • Relawan TIK Bali

Kategori Pengelola Organisasi Terbaik

Kategori Transformasi Digital Pemerintah Desa Terbaik

  • Pemerintah Desa Kalikoa Kec. Kedawung Kab Cirebon Jawa Barat (Implementasi Layanan Mandiri OpenSID dan Tapping KTP)
  • Pemerintah Desa Wates Kec. Wates, Kab. Blitar Jawa Timur (Implementasi IoT dan Smart Farming)
  • Pemerintah Desa Tibuneneng Kec. Kuta Utara Kab. Bandung, Bali (Pemerataan Akses Internet Melalui Sekolah Internet Komunitas)
  • Pemerintah Desa Laliko, Kec. Campalagian, Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Pemerataan Akses Internet melalui Sekolah Internet Komunitas)
  • Pemerintah Desa Kertayasa, Kec. Sindangagung, Kab. Kuningan Jawa Barat (Desa Edukasi dan Sistem Informasi Mandiri)
  • Desa Kutolami, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau (Desa Literasi Digital)
  • Desa Tae, Kec. Balai, Kab. Sanggau, Kalimantan Barat (Pemerataan Akses Internet Melalui Sekolah Internet Komunitas).

Perhelatan akbar telah selesai dilaksanakan, terimakasih kepada para mitra kolaboratif yang telah mendukung acara Festival TIK 2022. Jangan lupa Nantikan Penyelenggaraan Festik 2023. Selanjutnya siapa yang akan terpilih menjadi tuan rumah? Segala aktivitas Relawan TIK kunjungi di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *