Pontimarket Ikut Serta di Kegiatan Peningkatan Nilai Produk Hutan Konservasi Bersama (PJLHK)

  • Bagikan
Pontimarket

Chakpedia | Pontimarket – Kegiatan ini memiliki tujuan agar para pelaku usaha dapat meciptakan produk hutan konservasi yang siap pakai hingga dipasarkan. Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) bekerja sama dengan Pontimarket mengadakan acara dengan tema Meningkatkan Nilai Produk Hutan Konservasi yang dihadiri oleh para peserta dari kalangan UMKM.

Acara ini berlangsung pada tanggal 15-17 Novmber 2021 yang bertempat di Hotel Golden Tulip, Jl. Teuku Umar No.39, Pontianak. Dalam kegiatan ini menggunakan Anggaran Direktorat Pemanfaatan Lingkungan Hutan Konservasi yang bersumber dari Forest Investmen Program 1 (FIP-1).

Pontimarket

Pontimarket – Narasumber Hari Ini

Pada acara tersebut dihadiri langsung dari beberapa Narasumber yang luar biasa, serta para peserta dari kalangan UMKM dari berabagai kabupaten yang berada di Kalimantan Barat. Adapun daftar nama narasumber yang akan mengisi acara terseut adalah :

  1. Narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak bapak Januardi Saktiawan, yang akan memperkenalkan suatu proses pendaftaran Pirt Produk Olahan.
  2. Narasumber dari bapak Sugeng Handoko yang akan menjelaskan bagaimana cara sukses dari Story Pengembangan Produk Desa Wisata Nglanggeran.
  3. Narasumber dari bapak N. Henray Ekasaputra, S.Pd yang akan menjelaskan juga cara Mempromosikan Suatu Produk Melalui Media Digital.
  4. Narasumber dari ibu Vivi Lestari, S. Sos.MM yang akan membagikan sedikit ilmu tentang Strategi Pengembangan Suatu Produk UKMKM.

Catatan Singkat dari Paparan Narasumber

Adapun beberapa pemaparan materi yang dapat penulis tangkap dan menjadi catatan penting yang pertama paparan dari bapak Januardi Saktiawan mengenai PIRT, PIRT atau disingkat dengan Pangan Industri Rumah Tangga. Bahwa apabila ketika kita ingin menciptakan sebuah produk dari hasil perkebunan, hutan atau lainnya yang diolah rumahan maka kita perlu memiliki izin ini.

Izin ini bertujuan untuk agar produk olahan yang telah kita ciptakan atau buat sebagai jaminan bahwa usaha makanan atau minuman telah memenuhi standar dan ketentuan yang berlaku sehingga aman untuk dikonsumsi.

Selanjutnya, pemaparan dari bapak Sugeng Handoko menjelaskan mengenai tips dan trik mengenai bagaimana mengenai pengembangan produk melalui story. Bahwa saat ini semuanya sudah era digital segala sesuatu dimudahkan.

Termasuk dalam memasarkan produk, dengan membuat story saja produk yang ingin kita pasarkan bisa tersebar keseluruh dunia dengan cakupannya yang luas. Dengan adanya fitur tersebut kita tak perlu lagi keluar rumah untuk memasarkan produk tetapi melalui story dari rumah saja kita bisa menargetkan pasar yang kita inginkan.

Yang ke tiga, ada penyampaian materi dari bapak N. Henray Ekasaputra, S.Pd. yang membahas mengenai pemasaran digital bahwa dalam memasarkan produk atau layanan kita dapat memanfaatkan perkembangan teknologi saat in.

Adapun manfaat pemasaran melalui digital diantaranya :

  • Meningkatkan hasil penjualan dan keuntungan maksimal
  • Menghemat wakti, dana dan energi yang sedianya digunakan untuk promosi secara tradisional
  • Menjaring market dan konsumen dengan jangkauan yang lebih luas
  • Menjadi penghubung antara penjual dan pembeli lebih mudah
  • Meningkatkan return on investment

Hal terpenting untuk para pelaku UMKM yaitu mempunyai website, adapun fungsi dan tujuan tersebut ialah berguna sebagai sarana untuk menunjukan barang yang akan dijual, sehingga konsumen dapat lebih mudah untuk menemuinya.

Pontimarket

Paparan terakhir oleh Ibu Vivi Lestari, S.Sos, M.M yang menjelaskan bahwa hasil hutan sangat banyak tidak hanya kayu saja melainkan ada berbagai macam jenis yang bahan yang dapat dibuat makanan dan minuman diantaranya seperti:

  • Madu
  • Gaharu
  • Lempok
  • dan masih banyak lagi

Beliau mengatakan bahwa yang sering menjadi permasalahan pada setiap sektor UMKM yaitu dari kualitas produk, Pengemasan, Permodalan hingga pemasaran. Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan peluang dan berpikir kreatif dan inovatif dalam menciptakan hingga memasarkan barang yang ingin kita jual.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar para UMKM agar dapat memanfaatkan peluang yang ada tanpa harus berpikir dalam melangkah, dan semoga ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat untuk bekal dalam menjalankan usahanya.

  • Bagikan

Respon (1)

Komentar ditutup.

error: Content is protected !!