Relawan TIK Kota Pontianak Mengadakan Pelatihan Membuat Website Menggunakan WordPress

Relawan TIK

Chakpedia | Relawan TIK Kota Pontianak – Disaat ini semakin berkembangnya internet di Indonesia, maka semakin banyak pula pencaharian informasi melalui internet dengan mengunjungi beberapa website untuk menemukan informasi yang diperlukan.

Walaupun kita sudah sering berinteraksi menggunakan website, namun masih banyak dari kita belum mengetahui mengenai website. Jadi website adalah sebuah kumpulan yang berisi informasi tertentu yang dapat diakses oleh banyak orang melalui jaringan internet.

Ada banyak cara dalam pembuatan website ini dari menggunakan bahasa pemograman hingga memanfaatkan platform yang ada sehingga dapat mempermudah kita dalam membuat website yang kita inginkan.

Relawan TIK
Dokumentasi : Diskominfo Pontianak

Relawan TIK Kota Pontianak

Bertempat di Start Up Hub Diskominfo Kota Pontianak, Relawan TIK Kota Pontianak menyelenggarakan kegiatan pembuatan website dengan menggunakan platform wordpress.

Sangat banyak sekali yang minat dalam mengikuti program pelatihan ini yang diselenggarakan secara gratis, Namun dikarenakan masa pandemi ini para peserta dibatasi hanya 15 orang saja.

Namun bagi para peserta yang belum terpilih tenang saja akan ada kegiatan selanjutnya dan akan dihubungi. Kegiatan ini berlangsung pada hari kamis 02 Desember 2021.

Tepat pada pukul 09.00 WIB kegiatan pelatihan tersebutpun dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Moderator Suwandy Djapri. Setelah Indonesia Raya dilanjutkan dengan Do’a.

Setelah itu dilanjutkan sepatah dua patah kata dari key note speech Edi Suprianto yang dimana merupakan Ketua dari Blogger Istimewa dan Ketua Relawan TIK Kota Pontianak.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Puspo Galih Wichaksana (Chakpedia.com dan Pengurus Relawan TIK Kalimantan Barat) dan Rahmad Widyo Utomo ( CEO Bacalagi.com & Pengurus Relawan TIK Kalimantan Barat)

Relawan TIK

Pembahasan Materi

Dikarenakan materi ini sifatnya gratis maka mekanismenya para peserta diberikan sub domain yang menginduk pada domain dari Relawan TIK Kalimantan Barat. Sehingga dari sub domain tersebut para peserta bisa melakukan praktek langsung.

Pelatihan membuat website menggunakan wordpress, dikarenakan pada wordpress memiliki fitur yang sangat mudah digunakan dan dapat dipahami oleh bagi penggunanya.

Setelah masing-masing peserta mendapatkan user untuk login pada wordpress disitu kami mengenalkan beberapa fitur yang menarik yang dapat digunakan dalam memaksimalkan website.

Seperti fitur mengganti tema sesuai keinginan, Membuat menu, memasang plugin, membuat konten / artikel. Dapat diperhatikan masih banyak peserta terlihat kebingungan , namun harus dimaklumi karena ini termasuk dalam proses pembelajaran.

Relawan TIK

Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan skill atau kemampuan di era digital yang saat ini sedang kita rasakan. Rencana untuk kedepannya Relawan TIK Kota Pontianak akan membuat kegiatan berlanjut mengenai kemampuan dalam bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi.

Kesimpulan

Tak terasa kegiatan pelatihan pembuatan website menggunakan WordPress telah terlaksana dari pagi hingga menjelang sore. Para peserta merasa antusias mengikuti kegiatan yang di selenggarakan oleh RTIK Kota Pontianak.

Kegiatan kali ini cukup lancar walaupun sempat beberapa kali terjadi kendala namun dapat diatasi. Terimakasih chakpedia ucapkan kepada para peserta yang telah berpartisipasi dengan kegiatan ini, semoga ilmu yang telah diberikan mendapatkan manfaat dalam kehidupan keseharian kita.

Dan Terkhusus kepada Dinas Kominfo Kota Pontianak, Kami dari Relawan TIK mengucapkan terimakasih banyak atas dukungannya pada kegiatan ini. Semoga kegiatan – kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan.

Sampai ketemu di artikel selanjutnya Indonesia #Makincakapdigital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.