banner 728x250

MANTAN CALO TIKET YANG SUKSES DIRIKAN MASKAPAI LION AIR

  • Bagikan
banner 468x60

Chakpedia – Siapa sih tak kenal maskapai Lion Air. Lion Air Group merupakan maskapai Swasta yang terbesar di Indonesia dan memiliki tarif yang relatif bersahabat di kantong. Maskapai Lion Air ini berpangkalan di Jakarta, Indonesia. Rute penerbangan yang dituju tidak hanya di dalam negeri melainkan mencakup kawasan luar negeri meliputi Filipina, Malaysia, Thailand, Australia, India, Arab Saudi dan Jepang, selain itu juga ada rute charter menuju Cina, Hongkong, Korea Selatan dan Makau.

Secara bertahap Lion Air melakukan penambahan armada yang sangat signifikan dapat kita lihat mulai dari tahun 2000 an dengan banyak menguasai sejumlah kontrak besar salah satunya yaitu kontrak pengadaan pesawat jenis Airbus dan pesawat jenis Boeing.

Lion Air Group ini awal mula dibentuk pada tanggal 19 Oktober 1999 mulai beroperasi pada tanggal 30 Juni 2000. Awal mula melakukan penerbangan Lion Air menggunakan pesawat Jenis Boeing 737-200 yang disewanya dengan rute awal yaitu Jakarta – Pontianak.

Founder Lion Air

Awal Berdirinya Lion Air

Berbicara tentang Maskapai Lion Air pastinya selalu akan banyak persoalan yang akan dibahas. Pastinya banyak bertanya-tanya siapa dibalik pendiri Lion Air Group ini. Sosok seorang yang bernama Rusdi Kirana. Beliau lahir di Cirebon, 17 Agustus 1963, Memiliki latar belakang keluarga pengusaha.

Sejak kecil beliau sudah dikenalkan oleh keluarganya dengan dunia usaha. Beliau dituntuk menjadi seorang yang pekerja keras dan berhemat. Maka sedari kecil kehidupan belia di penuhi oleh sifat kesederhanaan dan serba hemat. Awal kisah dimulai dari kecintaannya terhadap seorang wanita namun ditolak oleh wanita tersebut dengan alasan ia tidak memiliki sepatu merek puma seperti anak lainnya.

Ketika itu semasa remaja beliau mulai bekerja keras dengan menjadikan peristiwa tersebut sebagai motivasi. Rusdi memulai usahanya dengan cara berjualan mesin tik merek Brother dengan menjajakan dagangannya dari kantor ke kantor dengan penghasilan Rp.95.000 per bulan.

Ketika kuliah, Rusdi memulai menjalankan bisnis lain. Disaat itu ia memutuskan untuk menjadi calo tiket di Bandara Soekarno-Hatta. Karena kerap kali Rusdi berada di Bandara Soekarno-Hatta, jadi ia kenal dengan banyak orang disana, baik dari bagian tiket hingga petinggi.

Dari situlah ia mendapatkan banyak ilmu tentang dunia aviasi. Pada saat itu karier bisnisnya meningkat. Pada akhirnya ia dan kakaknya untuk memutuskan untuk membuka usaha biro perjalanan dengan memberi nama “Lion Tour”.

Bermodalkan uang seadanya plus rekan dan kenalan beberapa pejabat dibandara, ia dan kakaknya memulai usahanya. Pada saat itu biro perjalanan belum sangat banyak seperti sekarang sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan yang besar pada saat itu. Disaat ini lah adik dan kakak ini mulai memiliki mimpi membangun perusahaan penerbangan dan membuat agar semua masyarakat Indonesia bisa merasakan terbang dengan biaya yang terjangkau.

Pada saat itu Rusdi sedang berada di puncak kariernya. Ia dan Kakaknya mengumpulkan tabungan dari hasil biro perjalanan miliknya itu. Lalu memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan yang bernama “Lion Air“.

Lahirnya Lion Air

Maskapai Lion Air

Kala ittu izin perusahaan swastta di bidang aviasi sangat lah sulit untuk dibuat. sejak itu mulai mengurusnya di tahun 1999 hingga pada Juni 2000, Lion Air akhirnya resmi mengudara di langit Indonesia dengan menggunakan pesawat sewaan yang berasal dari Rusia.

Dalam sekejap, Lion Air berhasil menjadi primadona pesawat yang digemari di tanah air. Dengan menggunakan strategi marketing yang baik dengan cara menawarkan harga tiket pesawat yang terjangkau. Bahkan Lion Air memberikan harga tiket hingga 3 – 4 kali lebih rendah dibandingkan dengan maskapai lain.

Murahnya harga tiket Lion Air pastinya akan berpengaruh terhadap layanan yang diberikan. Namun, dalam hal ini Pihak Lion Air hanya memangkas biaya makan dan operasional lainnya hingga tidak berpengaruh terhadap performa pesawat.

  • Bagikan

Respon (1)

Komentar ditutup.