Syarat, Biaya, dan Cara Membuat Akta Kelahiran Baru 2022

Akta Kelahiran

Chakpedia – Akta kelahiran menjadi salah satu dokumen wajib, dimana setiap orang diharuskan memiliki akte kelahiran sebagai bukti sah dalam status sebuah negara.  Apabila kamu memiliki anggota keluarga baru sesegera mungkin daftarkan ke dinas terkait. Akte kelahiran ini dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Akta kelahiran menjadi sebuah persyaratan penting ketika saat akan mengurus beberapa dokumen seperti e-KTP, Kartu Keluarga, Membuat paspor dan dokumen lainnya. Yang masih bingung bagaimana cara mengurus akta kelahiran simak rangkuman berikut ini.

Mengurus Akta Kelahiran

Dengan kita mengurus akta kelahiran kita akan memperoleh pelayanan publik maupun non-publik.  Bayi yang baru lahir segera laporkan ke dinas terkait guna untuk mendapatkan akta kelahiran. Mungkin ada yang belum mengetahui mengenai akta kelahiran yuk simak penjelasannya

Apa itu akta kelahiran

Dilansir dari laman jakarta.go.id akta kelahiran merupakan bukti sah tentang status dan peristiwa kelahiran seseorang yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Bayi yang baru lahir dilaporkan dan akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK) Sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan masyarakat.

Manfaat Akta Kelahiran

Dengan membuat akta kelahiran banyak sekali manfaat untuk seorang anak. Selain pengakuan negara terhadap seseorang, bahkan akta kelahiran juga akan bermanfaat dalam pengurusan e- KTP, melamar sekolah, Kartu Keluarga, Ijazah dan dokumen penting lainnya.

Syarat Membuat Akta Kelahiran

Akta Kelahiran

Akta Kelahiran Baru

Sangat disarankan ketika mengurus akta kelahiran maka sesegera mungkin setelah bayi dilahirkan. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan dalam membuat akta kelahiran.

  • Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan
  • Dokumen asli dan fotokopi Surat Keterangan Kelahiran dari dokter/ bidang/ penolong kelahiran/nahkoda/pilot.
  • Surat Nikah / Akta perkawinan orang tua
  • Fotokopi KK dan KTP orang tua
  • Nama dan identitas saksi pelaporan
  • Persetujuan Kepala Dinas/ Suku Dinas dalam hal pelaporannya melebihi 60 hari sejak tanggal kelahirannya.

Catatan : Waktu pelayanan 5 hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas persyaratan lengkap. (GRATIS)

Akta Kelahiran Anak Diluar Nikah

Merujuk putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 46/PUU-VIII/2010 jo. Pasal 43 ayat (1) Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan mengatur :

Anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya serta dengen laki-laki sebagai ayahnya yang dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau alat bukti lain menurut hukum mempunyai hubungan darah, termasuk hubungan perdata dengan keluarga ayahnya.

Artinya, anak yang lahir diluar perkawinan hanya mempunyai hubungan perdata dengan ibunya. Namun, anak luar perkawinan dapat mempunyai hubungan perdata dengan ayah biologis dan keluarga ayahnya apabila dapat dibuktikan dengan keduanya hubungan darah berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi/alat bukti lain menurut hukum.

Adapun syarat dalam membuat akta kelahiran dari anak yang lahir diluar nikah sebagai berikut

  • Surat Keterangan Kelahiran dari Bidan / Dokter/Rumah Sakit/Penolong kelahiran
  • Nama dan Identitas Saksi Kelahiran
  • KTP Ibu (Hanya Ibu, KTP Ayah tidak perlu)
  • KK Ibu (Hanya Ibu, KTP Ayah tidak Perlu)

Akta Kelahiran Hilang atau Rusak

Terkadang kita lupa dalam menyimpan akta kelahiran sehingga hilang atau dalam penyimpanan akta kelahiran tidak disimpan dengan yang baik sehingga mengalami kerusakan. Kali ini kita akan membahas tentang pengurusan akta kelahiran yang hilang ataupun rusak.

Apabila ingin menduplikasi kutipan akta yang hilang. Silahkan membawa persyaratan berikut ini untuk diserahkan ke kantor Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil :

  • Surat Pernytaan rusak/hilang dari yang bersangkutan
  • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian setempat
  • Fotokopi kutipan akta yang hilang
  • Menyerahkan kembali kutipan akta yang rusak.
  • Fotokopi KK Nasional dan KTP
  • Penetapan Pengadilan mengenai ganti nama atau jenis kelamin
  • Dokumentasi imigrasi bagi orang asing.

Khusus untuk duplikat akta kematian ditambah :

  • Dokumen asli dan fotokopi kutipan Akta Kelahiran ahli Waris.
  • Surat pernyataan ahli waris dari pemohon
  • Dokumen asli dan fotokopi KK Nasional dan KTP ahli waris
  • Dokumen asli dan fotokopi kutipan Akta Perkawinan Surat Nikah.

Telat Mengurus Akta Kelahiran Bisa Kena Denda

Apabila telat dalam pengurusan akta kelahiran maka akaan kena denda. Membahas mengenai denda administratif tentang keterlambatan dalam pengurusan sesuai dengan peraturan daerah (perda) masing-masing tiap daerah.

Ada yang menetapkan denda sebesar Rp. 25.000, Rp. 50.000, Rp.  100.000, bahkan ada yang menetapkan denda sebesar Rp. 1.000.000, dan juga ada yang menerapkan bebas denda.

Cara Mengurus Akta Kelahiran

Disaat ini kemajuan teknologi semakin pesat, Kini masyarakat bisa mengajukan pembuatan akta kelahiran bisa dilakukan secara online. Baik melalui aplikasi ataupun website, sehingga tidak perlu mengantri lagi kekantor Dinas Dukcapil dalam mengurus dokumen kependudukan.

  • Mengajukan permohonan percetakan dokumen kependudukan, dengan mengakses melalui aplikasi ataupun website yang telah disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten / kota.
  • Petugas Disdukcapil akan memproses permohonan dokumen yang telah diajukan. Proses ini akan berlangsung paling lama 5 hari kerja.
  • Setelah petugas menyetujui dan dokumen telah ditandatangani secara elektronik oleh Kepala Dinas Dukcapil setempat, Petugas akan mengirimkan notifikasi melalui pesan singkat atau melalui email yang telah terdaftar.

Berikut informasi tentang cara pembuatan Akta Kelahiran. Perlu diketahui bahwa Akta kelahiran merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh Masyarakat Indonesia. Sehingga disegala aspek dalam semua urusan akan membutuhkan akta tersebut. Sekian informasi dari Chakpedia, Sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.