Webinar Literasi Digital Kubu Raya : Pahami Internet dengan Literasi Digital yang Tepat

Literasii Digital Nasional

Chakpedia – Pada kesempatan kali ini Relawan TIK Kalimantan Barat diberi kesempatan untuk mengisi Webinar Literasi Digital di Kabupaten Kubu Raya. Adanya tujuan Literasi Digital ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dimana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sebuah produk ciptaan manusia yang berupa alat dan saat ini menjadi suatu kebutuhan yang tak terlepaskan. Lahirnya Teknologi Informasi dan Komunikasi mempengaruhi setiap perilaku manusia terutama disaat ini pada generasi muda.

Bermedia digital menjadi sebuah budaya konsumtif yang sebenarnya dapat dilawan dengan budaya produktif. Namun berkembangnya teknologi secara pesat megakibatkan segala ancaman yang selalu mengintai kita. Semakin kita nyaman di dunia digital maka kita semakin terjebak dalam situasi yang berbahaya.

Webinar Literasi Digital

Webinar Literasi Digital Kubu Raya

Pada kesempatan kali ini di Webinar Literasi Digital Kabupaten Kubu Raya pada hari Rabu 21 Juli 2021 membawakan Tema “Pahami Internet dengan Literasi Digital yang Tepat”. Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut guna meliterasi seluruh masyarakat yang berada di Kabupaten Kubu Raya dan Sekitarnya agar memahami fungsi, kegunaan dan keamanan dalam dunia digital.

Pada kesempatan kali ini juga di Webinar Gerakan Literasi Digital Kabupaten Kubu Raya mengundang para narasumber hebat yang ahli dalam bidangnya diantaranya :

  • Rahmad Widyo Utomo (Relawan TIK Kalimantan Barat & Founder Bacalagi.com) / Digital Skill
  • Alexander Hendarno Laminto (CEO ThinkBIG Education and Learning Center for SMEs and Campus) / Digital Safety
  • Insan Nur Akbar (Komika & Budayawan) / Digital Culture
  • Aprilia Putri (News Anchor iNews TV & MNC News Channel) / Digital Ethics
  • Ovi Darlin (Announcer & Master of Ceremony) / Moderator

Sesuai judul kali ini kita akan membahas mengenai Pemahaman internet dalam Literasi Digital agar dalam penggunaannya tepat dan terhindar dari dampak buruk.

Webinar Literasi Digital (Digital Skill)

Rahmad Widyo Utomo sebagai pengurus RTIK Kalimantan Barat serta sebagai Founder Bacalagi.com membawakan pilar Digital Skill dengan tema “Mengenal Aplikasi Percakapan dalam Dunia Digital”.

Pada pemaparannya bahwa dalam aplikasi percakapan sangat sekali fitur-fitur yang belum kita ketahui seperti Google Meet, Zoom, Whatsapp, Telegram dan masih banyak lagi.

Dalam hal ini aplikasi percakapan sangat banyak digunakan sebagai penghubung antar dua manusia ataupun kelompok. Dan ternyata dalam aplikasi percakapan itu ada banyak jenisnya seperti pesan berbentu tulisan disebut denga Online Chat (pesan Teks), Voice Note (Pesan Suara), Video Call (Percakapa Video).

Paparan Penutup Digital Skill

Hal unik yang saya dapati dari sebuah pemaparan beliau ternyata di telegram itu terdapat fitur Channel dimana kita dapat memanfaatkan dalam mencari pertemanan maupun siaran ataupun bot. Selain itu juga ternyata Fitur Bot ini juga unik apabila kita ingin memulai obrolan dengan bot ini kita diharuskan menuliskan kata kunci baru bot ini mulai bekerja dalam membalas chat kita.

Rahmad Widyo Utomo mengatakan bahwa banyak aplikasi percakapan diluar sana yang dapat kita gunakan, sama seperti mencari pasangan hidup cocok cocokan maka dari itu apabila kita menggunakan aplikasi percakapan itu kembali lagi kediri kita masing masing enaknyaa menggunakan aplikasi percakapan yang mana.

Webinar Literasi Digital

Aplikasi percakapan ini memudahkan kita dalam melakukan percakapan jarak jauh, berbeda seperti zaman dahulu dimana ketika kita ingin memulai percakapan kita harus menulis dan mengirim surat kelokasi tujuan dan memakan waktu berhari-hari, atau dimana kita ingin menghubungi seseorang kita harus mengantri dan harus janjian seperti menggunakan wartel (warung telepon), Namun disaat sekarang ini kecanggihan teknologi semuanya bisa teratasi. Dengan adanya aplikasi percakapan ini membantu yang jauh terasa dekat Rahmad mengatakan ketika menjalani hubungan jarak jauh (LDR) semua bisa aman terkendali tanpa harus menghawatirkan satu sama lain.

Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 Juta orang terliterasi secara digital pada tahun 2021 dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021.

 Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama yaitu Tips dan Trik Menjaga Keamanan Data Pribadi di Dunia Digital (Digital Safety), Main Aman Saat Berbelanja Online (Digital Culture), Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital (Digital Skill), dan Etika Menghargai Karya atau Konten Orang Lain di Media Sosial (Digital Ethics).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.