Upaya Meningkatkan Literasi Digital Bersama Relawan TIK dan Pandu Digital, Festival TIK 2023 Digelar di Semarang

Festival tik 2023

Chakpedia – Relawan TIK Indonesia kembali menggelar acara rutin tahunan yaitu Festival TIK, pada tahun 2023 ini Festival TIK digelar di Semarang. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya bersama Kementrian Komunikasi dan Informatika dalam peningkatan Indeks Literasi Digital.

Gelaran Festival TIK 2023 akan dilaksanakan di Semarang pada tanggal 27 – 28 Oktober mendatang, bertepat di Universitas PGRI Semarang, Acara ini akan ada Diskusi Panel dan Lokakarya yang akan dihadirkan seluruh mitra kolaborasi.

Bacaan Lainnya

Pada tema tahun ini Festival TIK 2023 mengambil tema “Manunggaling Kawula Digital” istilah ini diambil dari kata populer yang beredar dimasyarakat jawa yaitu Manunggaling Kawula Gusti, yang memiliki makna seorang hamba yang dekat dengan tuhannya.

Keragaman ini merupakan sendi kehidupan Masyarakat Jawa. Melihat perkembangan teknologi sangat pesat dan digitalisasi sudah menjadi bagian dari kehidupan, menyatu atau “Manunggal”.

Pada era Generasi Milennial, Generasi Z dan Generasi Alpha kedepannya akan menjadi sendi kehidupan masyarakat Jawa. Dilihat dari kondisi teknologi dan digitalisasi saat ini menjadikan semua kemudahan.

Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidian Kominfo RI, Bambang Tri Santoso, menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas gelaran Festival TIK mendatang di Semarang.

“Kami mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan Festival TIK, beberapa Pandu Digital juga terlibat aktif didalamnya sehingga diharapkan akan berdampak pada peningkatan Indeks Literasi Digital didaerahnya masing-masing”.

Menurut Bambang, Gelaran Festival TIK , menjadi cara pendekatan antar pegiat TIK kepada masyarakat umum sehingga penyampaian edukasi dapat optimal. Selain itu pihaknya juga melakukan pendekatan dengan budaya melalui pagelaran wayang kulit nantinya, kegiatan ini akan dilaksanakan pada Jumat malam 27 Oktober 2023.

Ketua Umum Relawan TIK Fajar Eri Dianto memastikan bahwa pihaknya telah siap menyambut seluruh leader Relawan TIK dari berbagai daerah. “Seminar dan Workshop kami kemas dengan isu kekinian dan relevan terhadap fenomena digitalisasi di tengah masyarakat, ada guru, UMKM, Pelajar, Mahasiswa, desa hingga konferensi bagi akademisi” ungkap fajar.

Festival TIK 2023

Kepada Pandu Digital, Ia akan memberikan apresiasi khusus bagi Relawan TIK yang aktif menjadi Pandu Digital penghargaan atas segala capaian dan kegiatan selama tahun 2023 melalui RTIK Awards Pandu Digital Terbaik.

Pada Festival TIK yang ke 12 ini akan digelar di Kota Semarang pada tanggal 27 – 28 Oktober 2023. Kegiatan ini selalu ditunggu-tunggu setiap anggota Relawan TIK karena setiap tahunnya akan adahal yang menarik dan pembaharuan.

Terpantau hingga saat ini sudah tercatat 250 Leader RTIK dari berbagai daerah mengkonfirmasi akan hadir dengan membawa program unggulan masing-masing daerah untuk saling berbagi dan duplikasi kepada daerah lainnya, program inovatif secara mandiri maupun hasil mitra kolaborasi dengan mitra.

Pada acara gelaran Festival TIK 2023 ini akan ada Opening Ceremony, Seminar Nasional, Workshop, Gala Diner, RTIK Awards, City Tour serta tak lupa juga ada pagelaran wayang kulit.

“Pandu Digital adalah pribadi yang harus mampu dan memiliki kompetensi dasar terkait literasi digital, bahkan dapat menjalankan tugas dan perannya sebagai perintis, pemandu, pemimpin, pendukung atau pelaku aktif penetrasi tranformasi digital di berbagai sektor di Indonesia,”Jelasnya.

Acara sudah dekat segala sudah dipersiapkan semooga segala acara nantinya dapat berjalan dengan lancar, momen ini adalah momen terindah bagi Relawan TIK Seluruh Indonesia, #RelawanTIK #Festivaltik2023

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar