Yuk Cek IMEI Handphone Mu Sudah Terdaftar atau Belum, Sebelum Kena Blokir

CEK IMEI

Chakpedia – Belakangan ini kasus IMEI Ilegal menjadi sorotan. Pemerintah bekerja sama dengan Bareskrim Polri sudah turun tangan dan akan memblokir hampir 2oo ribu smartphone yang sudah beredar di masyarakat akibat IMEI Ilegal ini.

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan terdiri dari 15 digit angka yang berperan penting dalam setiap ponsel. Angka tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi nomor identitas perangkat dan dijadikan sebagai acuan apakah smartphone tersebut didistribusikan secara resmi atau ilegal.

Bacaan Lainnya

Hal ini disikapi dengan serius oleh Pemerintah dan pihak Kepolisian untuk memerangi ponsel ilegal. Diketahui dengan maraknya terjadi penyebaran ponsel ilegal mengakibatkan negara mengalami kerugian sebesar Rp 350 Miliar.

Nantinya setiap perangkat yang menggunakan IMEI ilegal akan diblokir tidak akan mendapatkan jaringan dari operator seluler. Bagaimana mengetahui IMEImu sudah terdaftar atau belum, Berikut cara melakukan Cek IMEI.

Cara Cek IMEI

CEK IMEI

IMEI HP Android

.1. Setting Ponsel

  • Buka setting di HP Anda
  • Gulir kebawah hingga menemukan About Phone
  • Nantinya kita akan mendapati nomor IMEI di HP Kita

2. Melalui *#06#

Untuk cara ini menggunakan menu dial selanjutnya mengetik *#06#. Tak butuh waktu lama bakal muncul nomor IMEI di layar ponsel anda.

3. Kardus Ponsel

Apabila masih bingung dapat menemukan IMEI di kardus ponsel. Biasanya disitu akan tercantum IMEI beserta informasi lainnya yang dapat ditemui.

Cek IMEI di iPhone

.1. Setting Ponsel

  • Buka Setting di iPhone
  • Pilih About Phone
  • Gulir ke Bawah hingga mendapati nomor IMEI

2. Melalui *#06#

Cara ini, Kalian dapat membuka menu dial yang kemudian dilanjutkan dengan mengetikan *#06#. Tak butuh waktu lama, maka akan muncul nomor IMEI di layar Ponsel

Cara Cek IMEI HP Melalui kemenperin

  • Salin nomor IMEI yang tersedia di Android atau iPhone
  • Selanjutnya buka laman resmi kemenperin di imei.kemenperin.go.id dan tempelkan salinan nomor IMEI pada kolom yang tersedia
  • Selanjutnya melakukan pengecekan untuk melihat nomor IMEI Smartphone anda terdaftar atau belum.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *