Sejarah dan Kisah Peristiwanya Isra Miraj, Ini Penjelasannya

Chakpedia – Isra Miraj 2024 akan jatuh pada 8 Februari, Hal ini merupakan momen penting dan bersejarah dalam perjalanan spiritual Rasulullah. Pada peristiwa itu, Rasulullah SAW melakukan perjalanan Superkilat dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem dan dilanjutkan dengan perjalanan kelangit ke tujuh Sidratul Muntaha.

Peristiwa ini terjadi pada 27 Rajab pada tahun ke 10 kebanian. Selain itu juga Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah langsung oleh Allah SWT untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.

Bacaan Lainnya

Sejarah Isra Miraj

Dikutip dari Buku Dardir Bainama (Qisah Isra Mi’raj) terjemahan Dardir Baunama Qishshat-ul-Mi’raj oleh Syaikh Najmuddin al Ghaithi, Peristiwa Isra Miraj terjadai pad malam 27 Rajab 11 kenabian.

Ketika itu Nabi Muhammad SAW sedang beristirahat di sebelah Hijir Ismail didekat Ka’bah. Tiba-tiba Rasulullah didatangi Malaikat Jibril, Mikail, dan Israfil. Ketiga malaikat tersebut membawa Nabi Muhammad hingga ke sumur Zamzam.

Namun pada riwayat lain, mengisahkan pada malam itu atap tempat tinggal rumah Rasulullah tersingkap, dan malaikat Jibril memasuki rumah Rasulullah dan membelah dadanya. Kemudian, Jibril menyucikan hati dan batin Nabi Muhammad dengan wadah emas yang berisikan air zamzam yang dibawa oleh Malaikat Mikail.

Pada wadah emas tersebut diisi dengan hikmah dan iman kemudian ditumpahkan kedalam hati Nabi Muhammad SAW, sehingga ia memiliki sifat yang sabar, yakinm alim, dan sifat keislaman.

Perjalanan Nabi Muhammad Menuju Baitul Maqdis

Setelah pembelahan peristiwa tersebut, Perjalanan Nabi Muhammad SAW dimulai dengan menaiki buroq yang telah disediakan oleh Allah SWT. Buroq digambarkan sebagai kuda berbulu putih, serta memiliki sayap seperti burung merak.

Kemudian, Rasulullah naik dan memulai perjalanan menuju Masjidil Aqsa yang didampingi malaikat Jibril dan Mikail. Seringkali dalam perjalanannya Rasulullah SAW berhenti untuk melaksanakan sholat sunnah.

Ditengah perjalanan Rasulullah juga menyaksikan peristiwa penting lainnya yang mengundang beberapa pertanyaan. Peristiwa-peristiwa tersebut mengajarkan mengenai tentang Shalat, zakat, memakan harta riba, larangan berbuat zina, dan banyak lagi.

Perjalanan ini membutuhkan waktu satu bulan untuk sampai ke Baitul Maqdis dengan menggunakan Unta ataupun kuda. Namun Rasulullah melaluinya hanya semalam. Setelah melalui perjalanan panjang Rasulullah sampai di Baitul Maqdis (Palestina) Melalui gerbang Al-Yamani.

Peristiwa Miraj Menuju ke Sidratul Muntaha

Setibanya di Baitul Maqdis, Rasulullah melanjutkan perjalanan menuju ke Sidratul Muntaha. Sebelum melakukan perjalanan Nabi dan Rasul utusan Allah SWT berkumpul untuk melaksanakan shalat berjamaah yang dipimpin Nabi Muhammad SAW.

Pada perjalanan ke Sidratul Muntaha di setiap langit NabiMuhammad bertemu para Nabi Pendahulu bersama Jibril mulanya naik dan sampai di beberapa pintu langit yang disebut dengan Babul Hafadah.

Pada pintu langit pertama. Nabi Muhammad bertemu Nabi Adam as. Pada pertemuan bersama Nabi Adam as di sisi kirinya Neraka dan di sisi kanannya adalah surga. Saat masuk di langit kedua Nabi Muhammad bertemu dengan Nabi Yahya dan Nabi Isa.

Selanjutnya naik pada langit ketiga Rasulullah bertemu Nabi Yusuf beserta sebagian umatnya. Naik lagi langit ke empat bertemu bersama Nabi Idris, Naik lagi langit kelima bertemu Nabi Harun as.

Kemudian naik lagi langit keenam, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan beberapa Nabi bersama kaumnya, salah satunya ada Nabi Musa as. Pada langit ketujuh bertemu bersama Nabi Ibrahim as.

Diriwayatkan pada awal mula, Allah SWT memerintahkan pada umat Islam menjalankan Shalat 50 waktu dalam sehari. Namun Nabi Muhammad teringat dengan perkataan Nabi Musa bahwa jumlah shalat yang diperintahkan terlalu besar dan meminta untuk keringanan.

Setiap kali Rasulullah meminta keringan, Allah SWT mengurangi 5 rakaat begitu seterusnya sehingga Allah SWT memutuskan untuk shalat lima kali dalam sehari semalam.

Allah berkata “Bahwa Shalat itu kerjakanlah dalam waktu sehari-semalam adapun pahalanya setiap satu kali shalat sepuluh kali lipat. jadi lima kali shalat maka sama halnya dengan pahala lima puluh kali shalat”.

Setelah mendapat perintah dari Allah SWT mengenai pelaksanaan Shalat, Nabi Muhammad kembali ke bumi untuk menyampaikan perintah Shalat 5 waktu kepada umatnya.

Peringatan Isra Miraj merupakan momen terpenting bagi umat islam, Betapa panjangnya perjalanan Rasulullah dalam memperjuangkan Agama Islam. Semoga dengan memahami makna mengenai Isra dan Miraj. Mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar