Jokowi Lantik Menteri ATR dan Menko Polhukam yang Baru

Chakpedia – Pada hari Rabu (21/2/2024) pukul 11.00 WIB di Jakarta Pusat tepatnya di Istana Merdeka. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Presiden Joko Widodo melantik Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).

Bacaan Lainnya

Sedangkan sebagai penggantinya Presiden Joko Widodo melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang baru.

Pada pelantikan tersebut tampak dihadiri oleh beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju. Ketika Hadi dan AHY menjalani proses pengambilan sumpah jabatan dengan dipandu langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pelantikan Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN sudah sesuai dengan keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2024 mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Profil Hadi Tjahjanto

Hadi Tjahjanto adalah pengganti Mahfud MD di Menko Polhukam, Beliau telah melalui perjalanan karier yang panjang dan telah berbagai posisi kunci didudukinya dalam karier.

Hadi Tjahjanto memiliki latar belakang sebagai Perwira Tinggi Militer hingga pengalamannya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertahanan Nasional. Penunjukannya sebagai Menkopolhukam Hadi Tjahjanto akan membawa harapan baru dalam dinamika politik, hukum, dan keamanan di Indonesia.

Beliau kelahiran di Malang pada tanggal 8 November 1963 memulai karier dari Akademi Militer Angkatan Udara pada awal tahun 1986 an dengan mengikuti sekolah penerbangan.

Selanjutnya mengikuti Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara, dan lulus pada tahun 1995. Sekolah Komando meripakan tempat dimana para Perwira TNI AU diasah kemampuannya dalam kepemimpinan, strategi militer dan manajemen taktis.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Hadi memulai karier militer sebagai pilot pesawat angkut ringan Cassa di Skuadron 4 di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang. Selama bertugas di TNI AU, Hadi menunjukan kinerja yang baik sehingga menghasilkan promosi jabtan dengan kenaikan pangkat dan penugasan perwira menengah.

Selain itu, Hadi juga terlibat dalam bidang komunikasi dan hubungan masyarakat menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AU serta juga menjadi Juru Bicara, dan Penunjukan sebagai Sekretaris militer Presiden Jokowi.

Pengangkatan sebagai Panglima TNI atas pengalaman dan kepemimpinannya di dunia militer. Sehingga memiliki tanggung jawab tertinggi dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Selanjutnya Hadi mendapat mandat baru dari Presiden sebagai Menteri ATR/BPN mengalami pergeseran tanggung jawab dari militer keranah administrasi pemerintahan. Beliau memiliki tanggung jawab terkait agraria, tata ruang, dan pertahanan nasional dalam pembangunan sumber daya negara.

Pada tanggal 21 Februari 2024 kemarin Ia dipindahkan ke posisi Menkopolhukam, yang dimana menggantikan Mahfud MD yang sebelaumnya menjabat. sehingga Hadi dipercaya dalam melaksanakan stabilitas politik, hukum dan keamanan nasional, yang menjadi aspek vital dalam menjaga ketahanan negara.

Profil Agus Harimurti Yudhoyono

Putra pertama dari Presiden RI SBY dan Kristiani Herawati, Agus Harimurti Yudhoyono pria kelahiran 10 Agustus 1978 di Bandung. Usai menjalani pendidikan sekolah menengahnya di SMA Taruna Nusantara pada tahun 1997, AHY memilih bergabung di Akademi Militer Magelang dan lulus pada tahun 2000.

Setelah itu melanjutkan Studynya di Institute of Defence and Strategic Studies Nanyang Technological University dan meraih Gelar Master of Science in Strategic Studies pada tahun 2006.

Tidak sampai disitu AHY melanjutkan pendidikannya di US Army Cammand And General Staff College, Kansas Amerika Serikat pada tahun 2015 hingga ia meraih gelar Master of Arts Leadership and Management dari George Herbert Walker School of Business and Technology, Webster University, serta Master of Public Administration dari John F. Kennedy School of Government, Harvard University.

Namun pada tahun 2016, AHY memutuskan untuk pensiun dari TNI AD dengan pangkat terakhirnya Mayor. Selanjutnya ia memilih untuk terjun ke dunia Politik dengan mencalonkan sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta pada periode 2017-2022 namun gagal memperoleh suara terbanyak. Selanjutnya pada tahun 2020 AHY terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025.

Semoga dengan terpilihnya kedua menteri baru tersebut dapat membangun suatu perubahan dan kemajuan untuk Indonesia Maju.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar